Search This Blog

Arti dan 2 Sinonim Sosialisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti dan 2 Sinonim Sosialisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia
Aug 14th 2023, 18:21, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sinonim Sosialisasi, Sumber: Unsplash/Jan Kahanek
Ilustrasi Sinonim Sosialisasi, Sumber: Unsplash/Jan Kahanek

Sosialisasi merupakan istilah yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia. Namun terkadang orang masih belum mengetahui arti dan dua sinonim sosialiasi. Terlebih lagi jika orang tersebut masih awam dengan kosakata dalam bahasa Indonesia.

Oleh sebab itu, pembelajaran mengenai arti dan sinonim diperlukan agar pengetahuan kebahasaan orang itu bisa meningkat. Selain itu, pembelajaran mengenai dua hal tersebut juga bisa membuat penggunaan bahasa menjadi tidak monoton.

Arti Sosialisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ilustrasi Sinonim Sosialisasi, Sumber: Unsplash/Cathryn Lavery
Ilustrasi Sinonim Sosialisasi, Sumber: Unsplash/Cathryn Lavery

Sosialisasi merupakan kata baku yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Maka dari itu, kamus ini bisa digunakan untuk mencari artinya. Terlebih lagi KBBI merupakan kamus paling lengkap dan akurat.

Kini kamus ini bisa diakses secara daring melalui situs KBBI Daring, kbbi.kemdikbud.go.id. Jika dicari melalui situs tersebut, kata sosialisasi mempunyai arti sebagai berikut.

  1. Usaha untuk mengubah milik perseorangan menjadi milik umum (milik negara). Contoh kalimatnya adalah "Tradisi tidak memperlancar proses sosialisasi perusahaan milik keluarga."

  2. Proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungannya. Contoh kalimatnya adalah "Tingkat-tingkat permulaan dari proses sosialisasi manusia itu terjadi dalam lingkungan keluarga."

  3. Upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal, dipahami, dihayati oleh masyarakat; pemasyarakatan

Sinonim Sosialisasi

Ilustrasi Sinonim Sosialisasi, Sumber: Unsplash/Daniel Alvasd
Ilustrasi Sinonim Sosialisasi, Sumber: Unsplash/Daniel Alvasd

Menurut buku Kitab Komplet Tes Masuk Kerja, Dylan Raytama, dkk (2018: 52), merupakan bentuk bahasa yang mempunyai makna sama atau hampir sama dengan bentuk bahasa lainnya. Sinonim juga sering disebut sebagai persamaan kata.

Jika disesuaikan dengan arti kata dan pengertian di atas, maka ada dua kata yang termasuk sinonim sosialisasi. Berikut kata-katanya beserta artinya dalam KBBI Daring.

  1. Diseminasi: Penyemaian benih, bibit, dan sebagainya atau penyebarluasan ide, gagasan, dan sebagainya

  2. Pemasyarakatan: Proses, cara, perbuatan memasyarakatkan (memasukkan ke dalam masyarakat, menjadikan sebagai anggota masyarakat, dan sebagainya). Contoh kalimatnya adalah "Tahap pemasyarakatan tahanan politik sudah selesai."

Baca juga: Sinonim Infiltrasi dan Contoh Sinonim Lain dalam Keseharian

Meskipun kedua kata tersebut merupakan persamaan kata sosialisasi, namun penggunaannya tetap harus disesuaikan dengan konteks kalimat. Hal ini disebabkan kata-kata tersebut tak mempunyai arti yang benar-benar sama.

Ulasan mengenai arti dan sinonim sosialisasi di atas bisa langsung diterapkan dalam komunikasi. Dengan demikian, materi ini bisa bermanfaat di kehidupan sehari-hari. (LOV)

Media files:
01h7sw9yk7q911md1x68h3hfcp.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar