Search This Blog

3 Khasiat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan Tubuh

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Khasiat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan Tubuh
Jul 23rd 2023, 18:49, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Khasiat Tanaman Patah Tulang. Sumber:Unsplash.com/Trey Schatzmann
Ilustrasi Khasiat Tanaman Patah Tulang. Sumber:Unsplash.com/Trey Schatzmann

Ada banyak jenis tanaman yang memiliki bentuk cantik dan unik. Bahkan beberapa tanaman tersebut memiliki khasiatnya tersendiri. Contohnya adalah tanaman patah tulang. Apa khasiat tanaman patah tulang?

Tanaman patah tulang adalah salah satu jenis tanaman yang mudah sekali ditemui. Jenis tanaman ini biasanya digunakan sebagai hiasan di halaman rumah. Uniknya, beberapa bagian tanaman ini memiliki khasiat untuk berbagai jenis penyakit.

Khasiat Tanaman Patah Tulang untuk Kesehatan

Ilustrasi Khasiat Tanaman Patah Tulang. Sumber: Unsplash.com/Jennifer Aldoretta
Ilustrasi Khasiat Tanaman Patah Tulang. Sumber: Unsplash.com/Jennifer Aldoretta

Tanaman patah tulang adalah jenis tanaman yang banyak ditemui di pekarangan atau halaman rumah. Tanaman ini memiliki nama Latin Euphorbia tirucalli. Patah tulang termasuk ke dalam jenis tanaman perdu.

Tanaman ini memiliki tinggi rata-rata dua meter. Namun, tanaman ini juga dapat tumbuh hingga enam meter. Tanaman patah tulang memiliki ciri khas bercabang banyak, memiliki getah, rantingnya berbentuk hijau silindris, dan memiliki alur yang halus.

Getah tanaman patah tulang memiliki warna putih pekat seperti susu. Tanaman patah tulang biasanya dikenal sebagai jenis tanaman hias. Padahal, ternyata tanaman ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Khasiat dan Manfaat Kayu Secang Bagi Kesehatan

Dikutip dari buku Tanaman Obat di Lingkungan Sekitar, Dalimartha (2005), akar dan ranting berkhasiat untuk mengatasi nyeri lambung (gastritis), tukak rongga hidung, rematik, tulang terasa sakit, nyeri saraf, wasir, dan sifilis. Berikut khasiat tanaman patah tulang.

1. Mencegah Kanker

Pemicu kanker salah satunya adalah karena kerusakan sel akibat radikal bebas. Tanaman patah tulang mengandung antioksidan yang dapat ,melindungi tubuh dari kerusakan sel karena radikal bebas. Sehingga tanaman ini dapat mencegah timbulnya kanker.

2. Mencegah Infeksi

Tanaman patah tulang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi. Hal itu karena tanaman patah tulang memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri.

3. Mengatasi Radang Sendi

Tanaman patah tulang dapat mengatasi rasa nyeri yang timbul pada persendian. Alasannya adalah tanaman patah tulang memiliki sifat anti artritis yang dapat mengurangi rasa sakit pada sendi.

Itulah tiga khasiat tanaman patah tulang untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini masih memiliki fungsi lainnya bagi kesehatan seperti mengatasi peradangan hati hingga meningkatkan imun tubuh. (FAR)

Media files:
01h60p46n7q7zdtf92pj0kdt5v.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar