Search This Blog

Syarat-Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi Manusia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Syarat-Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi Manusia
Jun 11th 2023, 19:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi. Foto: dok. Janosch Lino(Unsplash)
Ilustrasi Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi. Foto: dok. Janosch Lino(Unsplash)

Soal "tuliskan syarat-syarat air yang sehat untuk dikonsumsi" merupakan salah satu pertanyaan yang dapat dijumpai dalam buku pelajaran. Terdapat beberapa syarat air yang sehat dan layak untuk dikonsumsi, salah satunya adalah air tidak berbau.

Selain itu, masih ada beberapa syarat dan kriteria lainnya yang perlu dipenuhi agar air dapat dikatakan layak dan sehat untuk dikonsumsi. Penjelasan tentang syarat air yang sehat untuk dikonsumsi dalam artikel ini dapat Anda jadikan sebagai acuan untuk menentukan kualitas air layak konsumsi.

Macam-Macam Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi Manusia

Ilustrasi Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi. Foto: dok. Nathan Dumlao (Unsplash)
Ilustrasi Syarat Air yang Sehat untuk Dikonsumsi. Foto: dok. Nathan Dumlao (Unsplash)

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang dijadikan sebagai kebutuhan utama bagi makhluk hidup di bumi, baik itu hewan, tumbuhan, bahkan manusia. Air dapat dimanfaatkan untuk membersihkan hingga memenuhi kebutuhan air dalam tubuh.

Agar air yang dikonsumsi dapat bermanfaat bagi tubuh, maka kita perlu mengetahui bagaimana syarat-syarat air yang sehat untuk dikonsumsi oleh manusia.

Pembahasan mengenai syarat air yang sehat untuk dikonsumsi manusia dijelaskan dalam buku berjudul Buku Ajar Ilmu Kesehatan (Memahami Gejala, Tanda Dan Mitos) yang ditulis oleh Umar Zein, ‎Emir El Newi (2019: 76).

Tertulis dalam buku tersebut bahwa air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia, terutama untuk minum. Menurut Kementerian Kesehatan, dan secara umum, syarat-syarat air minum antara lain:

  1. Tidak berasa

  2. Tidak berbau

  3. Tidak berwarna

  4. Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya

  5. Tidak mengandung logam berat

Dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002, disebutkan bahwa air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, namun terdapat risiko adanya pencemaran bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli dalam air. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan manusia.

Air bersih secara fisik belum tentu sehat dan aman diminum. Meski terlihat bening, tidak berasa, dan tidak berbau, namun air tersebut belum tentu aman dan baik untuk diminum. Terlebih jika air tersebut tidak mengandung mineral utama yang dibutuhkan tubuh.

Air yang tidak mengandung mineral utama atau logam yang secara kimia dikenal dengan H2O merupakan air murni atau air suling, jenis air ini tidak boleh diminum karena bukan termasuk kategori air yang sehat untuk tubuh.

Baca juga: Syarat Kualitas Air yang Dapat Digunakan untuk Mencuci Pakaian dan Penjelasannya

Ulasan tentang syarat-syarat air yang sehat untuk dikonsumsi manusia dalam artikel ini dapat Anda jadikan sebagai acuan dasar untuk menentukan apakah air layak dikonsumsi atau tidak. (DAP)

Media files:
01h2n5dz422tj158aeerycr3by.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar