Search This Blog

Sinonim dan Antonim Cantik dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sinonim dan Antonim Cantik dalam Bahasa Indonesia
Jun 25th 2023, 20:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sinonim cantik, foto unsplash/Firmbee.com
Ilustrasi sinonim cantik, foto unsplash/Firmbee.com

Sinonim dan antonim dalam bahasa Indonesia adalah hal yang penting untuk dipelajari. Salah satu contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah sinonim cantik.

Kata cantik menandakan kualitas yang menarik bagi mata. Penggunaan sinonim cantik bisa dijumpai di dunia nyata seperti di koran, buku, artikel, brosur, majalah dan di sekolah saat pembelajaran maupun di dunia maya.

Pengertian Sinonim dan Antonim

Pengertian sinonim dan antonim, foto unsplash/Aaron Burden
Pengertian sinonim dan antonim, foto unsplash/Aaron Burden

Sebelum membahas sinonim dan antonim cantik dalam bahasa Indonesia, baiknya mengetahui lebih dulu pengertian dari sinonim dan antonim.

Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia, Aisyah Atikah Deasy S.Pd , (2015, 6) sinonim merupakan suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti yang sama atau mirip. Sinonim bisa juga disebut dengan persamaan kata atau padanan kata.

Sedangkan antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata. Ada beberapa jenis antonim yaitu sebagai berikut:

1. Antonim Berpasangan

Kata-kata yang secara makna jelas bertentangan karena didasarkan pada makna pasangannya sehingga tidak bisa dipertentangkan tanpa kehadiran makna pasangannya.

Contoh: suami >< istri, penjual >< pembeli, berdosa >< suci.

2. Antonim Melengkapi

Merupakan kata-kata yang secara makna bertentangan, tetapi kehadiran makna salah satu kata bersifat melengkapi kehadiran makna lainnya.

Contoh: pertanyaan >< jawaban, mencari>< menemukan.

3. Antonim Berjenjang

Merupakan kata-kata yang secara makna mengandung pertentangan, tetapi pertentangan makna ini bersifat berjenjang/bertahan/bertingkat.

Contoh: dingin >< hangat >< panas, kaku >< lentur >< elastis, mahal >< wajar >< murah

Sinonim dan Antonim Cantik

Sinonim antonim cantik, foto unsplash/JESHOOTS.COM
Sinonim antonim cantik, foto unsplash/JESHOOTS.COM

Simak penjelasan sinonim dan antonim dari kata cantik dalam bahasa Indonesia berikut ini.

1. Sinonim Cantik

Berikut sinonim dari kata cantik:

  • Adiwarna (bagus, cantik, elok, indah, jelita, memesona, menawan, molek, rupawan), adun, anggun, apas, ayu, bagus, bahari, baik, bergaya, berupa, cakap, cendayam, elok, ganteng, geulis, gombang, hasan

  • Indah, jambu, jangak, jelita, juita, kirana, laksmi, manis, memesonakan, menarik hati, menawan, mentereng, molek, mongel, pantas, ranggi, rupawaan, sajak, syahdu, tampan, tumandang, centil, kenes.

2. Antonim Cantik

Kata cantik memiliki makna elok, molek, indah dalam bentuk dan buatannya. Sehingga lawan kata dari cantik adalah jelek, hancur, buruk.

Baca Juga: Pengertian, Antonim, dan Sinonim Kata Ceroboh

Itulah pengertian, sinonim dan antonim cantik dalam bahasa Indonesia. Sinonim kata sangat memudahkan dalam memahami, menyampaikan dan berkomunikasi dengan orang lain, serta tidak salah dalam mengartikan sinonim kata tersebut.(glg)

Media files:
01h3r9e4y9z9hx4f7yyzbr6vnv.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar