Search This Blog

Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis dan Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis dan Penjelasannya
Mar 5th 2023, 17:53, by Berita Terkini, Berita Terkini

Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis, Foto: Unsplash.
Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis, Foto: Unsplash.

Geografi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang mambahas mengenai bumi, gejala alam, dan hubungannya dengan lingkungan manusia. Begitu juga dalam sejarah yang ada selalu ada kaitannya dengan beberapa hal seperti aspek geografis. Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis adalah ruang.

Dikutip dari buku Geografi: Membuka Cakrawala Dunia karya Bambang Utoyo (2007: 5), seperti halnya ilmu-ilmu pengetahuan lain, geografi memiliki objek studi dan ruang lingkup kajian tersendiri yang berbeda dari disiplin ilmu lainnya. Objek studi tersebut dibedakan menjadi dua yaitu objek material dan objek formal. Beberapa ilmu dapat memiliki objek material yang sama dalam bidang kajiannya, tetapi akan berbeda dalam hal objek formalnya.

Geografi ini akan selalu berkaitan dengan sejarah. Ketika kamu mempelajari sebuah sejarah maka tidak akan terlepas dari adanya beberapa hal yang berkaitan dengan alam, manusia, dan lingkungannya. Hal inilah yang menyebabkan beberapa hal saling berkaitan satu sama lainnya.

Baca Juga: Hubungan Manusia dengan Sejarah Berdasarkan Unsurnya

Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis

Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis, Foto: Unsplash.
Unsur Sejarah yang Berhubungan dengan Aspek Geografis, Foto: Unsplash.

Unsur waktu dan ruang sangat berkaitan dalam sejarah karena kedua unsur ini sangat mempengaruhi dan menentukan perkembangan dan peristiwa yang terjadi dalam sejarah.

1. Waktu

Perkembangan dan peristiwa dalam sejarah terjadi dalam rentang waktu tertentu dan sering kali memiliki keterkaitan yang erat dengan periode waktu tersebut. Sebagai contoh, Perang Dunia II terjadi pada periode waktu 1939-1945 dan peristiwa ini sangat dipengaruhi oleh kondisi politik dan sosial pada waktu itu.

2. Ruang

Perkembangan dan peristiwa dalam sejarah juga terjadi pada lokasi dan wilayah tertentu dan sering kali memiliki keterkaitan yang erat dengan faktor geografis dan budaya yang terdapat di wilayah tersebut. Sebagai contoh, Perang Dunia II juga dipengaruhi oleh lokasi strategis wilayah Eropa dan Asia dan perbedaan budaya yang ada di antara negara-negara yang terlibat.

Ketika unsur waktu dan ruang digabungkan dalam sejarah, kita bisa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan dan peristiwa yang terjadi.

Contohnya, ketika kita mempelajari perang dunia II, kita tidak hanya mempelajari kronologi peristiwa, tetapi juga memahami bagaimana faktor geografis dan budaya wilayah Eropa dan Asia mempengaruhi konflik dan hasil akhir perang. Begitu juga dengan mengkaji peristiwa sejarah lainnya, unsur waktu dan ruang akan selalu menjadi faktor penting yang saling terkait.

Jadi dapat disimpulkan bahwa unsur sejarah yang selalu berhubungan dengan aspek geografis adalah waktu dan ruang. Jika kamu mempelajari sebuah sejarah maka akan mendalami mengenai kedua hal tersebut. Semoga dapat menambah referensimu ya! (Umi)

Media files:
01gtmxr5fgrtfx7qcev92nbqy7.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar