Search This Blog

Pengertian dan Fungsi Manifes Lembaga Pendidikan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian dan Fungsi Manifes Lembaga Pendidikan
Mar 5th 2023, 17:15, by Berita Terkini, Berita Terkini

Fungsi manifes lembaga pendidikan. Sumber: unsplash.com
Fungsi manifes lembaga pendidikan. Sumber: unsplash.com

Lembaga pendidikan merupakan sebuah instansi yang familiar bagi masyarakat umum, khususnya bagi generasi muda yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang tertentu. Ternyata, lembaga pendidikan memiliki dua fungsi dengan tujuan berbeda yang terbagi ke dalam fungsi laten dan manifes. Lantas, apa saja fungsi manifes lembaga pendidikan yang perlu diketahui?

Jika Anda penasaran, simak ulasan selengkapnya tentang fungsi manifes pada lembaga pendidikan dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga: Lembaga Pendidikan yang Berkembang pada Masa Islam

Pengertian dan Fungsi Manifes Lembaga Pendidikan

Fungsi manifes lembaga pendidikan. Sumber: unsplash.com
Fungsi manifes lembaga pendidikan. Sumber: unsplash.com

Secara umum, lembaga pendidikan merupakan sebuah lembaga yang menjadi tempat berlangsungnya proses pendidikan dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik, terutama ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Dari pengertian tersebut, tentunya bisa disimpulkan bahwa lembaga pendidikan memiliki peranan yang penting bagi generasi penerus bangsa.

Sebab, pendidikan dapat memberikan arah terhadap pertumbuhan dan juga perkembangan manusia beserta lingkungannya. Dua indikator inilah yang akan berubah seiring dengan berjalannya waktu sehingga harus tetap terorganisir dan diarahkan menuju tujuan akhir yang tepat.

Mengutip dari buku Sukses USBN Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTs karya Tim Ganesha Operation (2019:35), beberapa fungsi manifes lembaga pendidikan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

  1. Mempersiapkan anggota masyarakat agar bisa mencari nafkah sendiri dengan memberikan keterampilan kepada peserta didik agar dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka.

  2. Menanamkan keterampilan dalam demokrasi sebagai salah satu cara untuk mewujudkan partisipasi aktif dalam mewujudkan iklim demokrasi.

  3. Mengajarkan peranan sosial dengan mengajari peserta didik untuk mengenal peran dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dalam masyarakat.

  4. Menyediakan tenaga pembangunan, yakni tenaga terlatih, terdidik, dan terampil sehingga bisa menyukseskan program pembangunan.

  5. Membuka kesempatan untuk memperbaiki nasib melalui pendidikan seseorang agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan demi mensejahterakan dirinya sendiri dan orang lain.

  6. Mengajarkan nilai-nilai dan norma yang ada di lingkungannya. Maksudnya, lembaga pendidikan berperan sebagai agen sosialisasi sekunder untuk melaksanakan proses sosialisasi nilai dan norma dalam masyarakat agar terinternalisasi ke dalam diri peserta didik.

Itu dia ulasan mengenai fungsi manifes lembaga pendidikan yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat. (Anne)

Media files:
01gtnsbvqz43tk1h15hxvvgx1c.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar