Search This Blog

Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan Tokoh Apa?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan Tokoh Apa?
Jun 27th 2024, 20:56, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan. Sumber: Unsplash/Artem Sapegin
Ilustrasi Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan. Sumber: Unsplash/Artem Sapegin

Setiap teks fiksi atau cerita selalu mempunyai tokoh. Tokoh pada teks fiksi terdiri dari banyak jenis. Tokoh yang berperan penting pada teks fiksi dinamakan tokoh utama. Adapun tokoh yang menunjang peran tokoh utama dinamakan sebagai tokoh pembantu.

Tokoh utama dan tokoh pembantu bukan pembagian mutlak dalam sebuah teks fiksi karena memungkinkan juga untuk adanya pembagian tokoh yang lain. Beberapa contoh adalah pembagian tokoh berdasarkan peran atau perwatakannya.

Tokoh Utama: Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi

Ilustrasi Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan. Sumber: Unsplash/Daniel Kempe
Ilustrasi Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan. Sumber: Unsplash/Daniel Kempe

Tokoh adalah bagian penting dalam sebuah cerita atau teks fiksi. Keberadaan tokoh dapat membuat teks fiksi menjadi hidup. Penulis dapat membawa perasaan serta membangun imajinasi pembaca melalui penggambaran tokoh pada teks fiksi.

Tokoh pada teks fiksi terdiri dari banyak macam. Salah satu klasifikasi tokoh pada teks fiksi merujuk pada penting atau kurang pentingnya tokoh dalam suatu pengisahan. Tokoh yang berperan penting pada teks fiksi dinamakan tokoh utama.

Ciri khas dari tokoh utama adalah sosok atau namanya banyak dikisahkan dalam cerita, contohnya dongeng Timun Mas. Dongeng tersebut mengisahkan tentang perempuan bernama Timun Mas yang berjuang melawan raksasa saat dirinya beranjak dewasa.

Selain tokoh utama, teks fiksi biasanya juga memuat tokoh pembantu. Dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 2, Damayanti, dkk. (2021: 113), tokoh pembantu adalah tokoh yang memiliki peranan tidak penting dalam cerita.

Walaupun keberadaannya tidak penting, tokoh pembantu dapat menunjang cerita serta keberadaan tokoh utama. Contohnya, keberadaan tokoh ibu pada dongeng Timun Mas yang berusaha untuk menyelamatkan anaknya dari raksasa.

Macam-Macam Pembagian Tokoh dalam Cerita

Ilustrasi Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan. Sumber: Unsplash/Miriana Dorobanțu
Ilustrasi Tokoh yang Berperan Penting pada Teks Fiksi Dinamakan. Sumber: Unsplash/Miriana Dorobanțu

Tokoh utama dan tokoh pembantu merupakan contoh pembagian tokoh dalam cerita fiksi. Selain itu, ternyata masih ada pembagian tokoh lain dalam cerita. Pembagian tersebut merujuk pada peran serta perwatakannya.

Mengutip dari buku yang sama, Damayanti, dkk. (2021: 113), berikut adalah macam-macaam pemabgian tokoh dalam sebuah cerita berdasarkan peran dan perwatakannya.

1. Pembagian Tokoh Berdasarkan Peran

  • Tokoh protagonis, yakni tokoh yang memiliki peran baik dalam sebuah cerita.

  • Tokoh antagonis, yakni tokoh yang menjadi penyebab timbulnya konflik dan ketegangan yang dialami oleh tokoh protagonis.

2. Pembagian Tokoh Berdasarkan Perwatakan

  • Tokoh sederhana, yakni tokoh yang mempunyai satu kualitas pribadi tertentu serta satu sifat watak tertentu. Sifat dan tingkah laku seorang tokoh sederhana bersifat datar dan monoton karena hanya mencerminkan satu watak.

  • Tokoh kompleks, yakni tokoh yang diungkap dari berbagai kemungkinan sisi kehidupannya, sisi kepribadian, serta jati dirinya. Tokoh tersebut mempunyai watak tertentu yang dapat diformulasikan, tetapi bisa menampilkan berbagai macam watak.

Baca juga: Unsur-Unsur Intrinsik dalam Cerita

Jadi, jelas bahwa tokoh yang berperan penting pada teks fiksi dinamakan tokoh utama. Selain tokoh utama, suatu cerita juga bisa memiliki tokoh pembantu, tokoh protagonis, tokoh antagonis, tokoh sederhana, dan/atau tokoh kompleks. (AA)

Media files:
01j1c8r25y3vwnew2byv3rppsd.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar