Search This Blog

Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan beserta Dalilnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan beserta Dalilnya
Mar 21st 2024, 20:18, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan, sumber: unsplash/MuhammadAdil
Ilustrasi Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan, sumber: unsplash/MuhammadAdil

Banyak muslim laki-laki yang bertanya tentang hukum mencukur kumis saat puasa Ramadan. Aktivitas ini dikhawatirkan dapat menjadi penyebab batalnya puasa, sehingga mereka mengurungkan niat untuk bercukur saat siang hari.

Seperti yang diketahui, bercukur merupakan salah satu upaya menjaga kebersihan tubuh. Dengan bercukur, wajah akan terlihat lebih bersih dan penampilan menjadi lebih rapi. Hal ini juga termasuk salah satu anjuran dalam agama Islam yang disukai oleh Allah Swt.

Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan

Ilustrasi Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan, sumber: unsplash/KhowitPotisan
Ilustrasi Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan, sumber: unsplash/KhowitPotisan

Hukum mencukur kumis saat puasa Ramadan masih menjadi perkara yang sering ditanyakan. Pasalnya, banyak orang yang khawatir bahwa perbuatan ini dapat membatalkan puasa jika dilakukan dengan sengaja.

Para ulama berpendapat bahwa mencukur kumis tidak akan membatalkan puasa. Hal ini karena mencukur kumis dan puasa merupakan dua hal yang berbeda. Dalam Islam, mencukur kumis adalah salah satu sunah yang bisa dipraktikkan oleh umat muslim.

Hadis tentang Mencukur Kumis

Ilustrasi Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan, sumber: unsplash/MufidMajnun
Ilustrasi Hukum Mencukur Kumis saat Puasa Ramadan, sumber: unsplash/MufidMajnun

Rasulullah saw. bersabda: "Lima hal termasuk (sunah) fitrah, yaitu; mencukur rambut kemaluan, khitan, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak dan memotong kuku." (HR. Bukhari dan Muslim).

Mengutip buku Risalah Hati oleh Achmad Rozi El Eroy (2015), Mencukur kumis dianjurkan untuk dilakukan tidak lebih dari 40 hari. Hal ini sesuai dengan pernyataan dalam hadist berikut:

"(Nabi shallallahu 'alaihi wasallam) memberi tempo kepada kami untuk memotong kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan menggunting bulu kemaluan agar tidak dibiarkan begitu saja lebih dari empat puluh malam." (HR. Abu Dawud dan Ahmad).

Bahkan, Rasulullah saw. rutin mencukur kumis sebelum berangkat ke masjid setiap hari Jumat untuk menunaikan ibadah salat Jumat. Para sahabat kemudian juga meneladani sikap ini untuk diterapkan dalam kehidupannya. Hal ini mengacu pada hadist berikut:

"Adalah Rasulullah saw. memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jumat sebelum beliau pergi shalat jumat." (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

Baca juga: Hukum Kumur-Kumur saat Puasa, Apakah Membatalkan Puasa?

Jadi, hukum mencukur kumis saat puasa Ramadan adalah tidak membuat puasa menjadi batal. Pendapat ini sesuai dengan hukum fiqih puasa sekaligus hadis dalam ajaran Islam. (DLA)

Media files:
01hsfz0jx9mv3hd2k8nfgt3bkx.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar