Search This Blog

Anies: Pendidikan Investasi, Jangan Dipandang sebagai Cost, Negara Jangan Pelit

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Anies: Pendidikan Investasi, Jangan Dipandang sebagai Cost, Negara Jangan Pelit
Feb 4th 2024, 20:53, by Ave Airiza Gunanto, kumparanBISNIS

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menyampaikan gagasannya saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menyampaikan gagasannya saat Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Minggu (4/2/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan meminta pengeluaran di bidang pendidikan tidak dipandang sebagai biaya. Melainkan sebagai investasi jangka panjang terhadap negeri.

"Kita harus melihat pengeluaran di bidang pendidikan jangan dipandang sebagai cost, sebagai biaya. Tapi pandanglah sebagai investasi," kata Anies dalam Debat Pilpres 2024 di Senayan JCC, Minggu (4/2).

Untuk itu, Anies meminta pemerintah tidak pelit menggelontorkan dana di bidang pendidikan.

"Negara jangan pelit kalau bicara tentang investasi di bidang penddikan dan jangan pelit kalau sama guru," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies membeberkan program DKI Jakarta yang ia anggap sangat memuliakan profesi guru. Misalnya program bebas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga program hibah.

"Pandang ini sebagai investasi untuk Indonesia menjadi negeri yang tercerdaskan," tegasnya.

Sebelumnya, Capres Anies menanggapi pertanyaan mengenai kesejahteraan guru honorer pada acara Desak Anies khusus pendidikan.

"Sebanyak 705 ribu guru honorer yang belum diangkat. Harus kita lakukan peningkatan status menjadi PPPK. Nah, untuk menjadi PPPK dilakukan secara bertahap. Semua nanti akan bisa menjadi guru dengan status PPPK," ujar Anies.

Menurut Anies, untuk pengangkatan guru menjadi berstatus PPPK itu bisa dikerjakan kita harus melakukan komitmen fiskal.

"Maka itu menurut kami, lebih penting memastikan guru kita berstatus PPPK daripada dipakai untuk membangun IKN. Karena salah satu alasan kenapa kita tidak bisa mengangkat selama ini adalah anggaran terbatas. Kalau anggaran terbatas maka prioritasnya yang mana? Kita ingin pembangunan manusia jadi prioritas," ujar Anies.

Media files:
01hnt2pvffe5w1mvyzykj4tbb8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar