Search This Blog

Perbedaan Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perbedaan Topik dan Gagasan Utama dalam Teks Bahasa Indonesia
Sep 18th 2023, 18:08, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Perbedaan Topik dan Gagasan Utama, sumber: unsplash/LuisaBrimble
Ilustrasi Perbedaan Topik dan Gagasan Utama, sumber: unsplash/LuisaBrimble

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang perbedaan topik dan gagasan utama. Hal ini karena kedua istilah tersebut sekilas terlihat sama dalam teks bahasa Indonesia.

Sejatinya, topik dan gagasan utama memiliki arti dan ciri-cirinya masing-masing. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan Topik dan Gagasan Utama

Ilustrasi Perbedaan Topik dan Gagasan Utama, sumber: unsplash/JoelMuniz
Ilustrasi Perbedaan Topik dan Gagasan Utama, sumber: unsplash/JoelMuniz

Agar bisa mengetahui perbedaan topik dan gagasan utama, mari telisik terlebih dahulu pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Adapun perbedaan antara keduanya bisa disimak di bawah ini.

1. Topik

Mengutip buku Smart Writing Cerdas Membuat Karya Ilmiah dengan 5 Tahapan Menulis, Dharma Gustiar Baskoro (2020), topik merupakan subjek pembicaraan secara umum dalam suatu teks. Ciri kalimat topik adalah mencakup keseluruhan isi teks.

Topik dijelaskan secara berulang-ulang dan menjadi inti atau fokus pembahasan dari keseluruhan teks. Topik merupakan inti utama dari seluruh isi tulisan yang disampaikan. Bagian ini adalah elemen yang pertama kali ditentukan saat penulis akan menciptakan tulisan.

Topik yang masih awal tersebut akan dikembangkan dengan menentukan cakupan yang lebih sempit atau lebih luas dalam isi teks. Ada beberapa jenis kriteria agar suatu topik bisa dikatakan baik, di antaranya, yakni harus mencakup keseluruhan isi tulisan dan mampu menjawab pertanyaan terkait masalah yang tercantum di dalamnya.

2. Gagasan Utama

Gagasan utama merupakan sesuatu yang dibicarakan dalam satu paragraf. Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pokok permasalahan dari suatu pembahasan dan menjadi dasar pengembangan dari sebuah paragraf.

Agar bisa menemukan gagasan utama, maka pembaca harus menemukan kalimat utama terlebih dahulu dan lanjut mencari kalimat penjelas. Kalimat utama itu sendiri merupakan kalimat yang memuat pokok pikiran atau ide pokok utama.

Sementara itu, kalimat penjelas adalah kalimat yang memaparkan lebih rinci tentang keterangan pada kalimat utama. Beberapa ciri khas dari gagasan utama adalah terdiri dari satu kalimat yang berdiri sendiri, dibentuk tanpa kata transisi, dan ersusun atas topik masalah utama yang akan diperjelas lebih detail.

Tidak hanya itu, gagasan utama juga mempunyai kalimat yang jelas dan tidak dihubungkan dengan kalimat lain. Gagasan utama yang terdapat di akhir paragraph biasanya ditandai dengan kata oleh karena itu, oleh sebab itu, kesimpulannya, dan dengan demikian.

Baca juga: Macam-macam Struktur Argumentasi dalam Teks Bahasa Indonesia

Secara umum, perbedaan topik dan gagasan utama bisa dilihat dari maknanya. Topik adalah ide pembicaraan dalam teks yang menggambarkan keseluruhan isi tulisan dan bersifat umum. Sementara itu, gagasan utama merupakan ide utama yang terdapat dalam sebuah paragraf dan bersifat khusus. (DLA)

Media files:
01hakpnxq7z3c0jwc4tdbdxrsh.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar