Search This Blog

Ekspor Mobil Produksi Indonesia Bakal Tembus 1 Juta Unit di 2027

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ekspor Mobil Produksi Indonesia Bakal Tembus 1 Juta Unit di 2027
Sep 29th 2023, 06:53, by Aditya Pratama Niagara, kumparanOTO

Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia
Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkap kinerja ekspor mobil buatan dalam negeri mengalami peningkatan.

Selama periode Januari-Agustus 2023, sedikitnya ada 337.312 unit mobil yang dikapalkan keluar negeri. Capaian itu naik 18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Dengan 1,5 juta pekerja di industri otomotif, kami telah mengekspor lebih dari 90 negara di dunia. Tidak hanya negara berkembang, tapi misalnya di Jepang juga ada mobil buatan Indonesia," kata Nangoi di webinar OJK International Research Forum 2023.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi Foto:  Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan
Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi Foto: Puti Cinintya Arie Safitri/kumparan

Sementara itu target ekspor mobil pada tahun ini mencapai 500 ribu unit. Naik tipis bila dibandingkan capaian tahun lalu sebanyak 473.602 unit.

"Jadi sampai Agustus produksi kita naik 3 persen, tapi ekspor naik 18 persen sampai year to date Agustus, sementara di 2022 ekspor kita 285 ribu," tambahnya.

Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia
Ekspor mobil Toyota Indonesia. Foto: dok. Toyota Indonesia

Gaikindo kata Nangoi juga optimistis Indonesia bisa menjadi pemain utama industri otomotif global. Saat ini menurut data Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles atau OICA, Indonesia merupakan negara ke-11 penghasil mobil terbesar di dunia.

"Indonesia saat ini nomor 11 produksi mobil di dunia, naik dari posisi 14. Kami percaya diri dalam waktu dekat dalam dua tahun menjadi 10 besar negara yang memproduksi mobil," terang Nangoi.

Produksi perdana all new Toyota Kijang Innova Zenix  Foto: Dok. Istimewa
Produksi perdana all new Toyota Kijang Innova Zenix Foto: Dok. Istimewa

Pria yang dulu pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) itu juga mengatakan Indonesia akan menjadi salah satu eksportir mobil terbesar dalam 4 tahun mendatang.

"Indonesia memposisikan diri sebagai pemain besar ekspor mobil di dunia dan kami menargetkan ekspor 1 juta unit di 2027, ini apa yang pemerintah harapkan bisa menjadi pemain besar otomotif di dunia," imbuhnya.

Media files:
01gqnra6b3ag2vdk4aczf4nncj.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar