Search This Blog

Tips Menyimpan Daging saat Tidak Ada Kulkas Kata Chef, Penting Tahu!

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tips Menyimpan Daging saat Tidak Ada Kulkas Kata Chef, Penting Tahu!
Jun 26th 2023, 09:40, by Gitario Vista Inasis, kumparanFOOD

Ilustrasi daging ham iberia. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi daging ham iberia. Foto: Shutter Stock

Daging menjadi bahan makanan yang memerlukan perhatian khusus enggak hanya dalam memasaknya tetapi juga menyimpannya. Agar tetap terjaga kualitasnya, daging harus disimpan ke dalam freezer atau kulkas.

Pertanyaannya, bisakah kita menyimpan daging ketika di rumah tidak ada kulkas atau saat tiba-tiba listrik mati? Ini kata chef berpengalaman.

Chef Stefu Santoso membagikan tips menyimpan daging ketika dalam kondisi mati listrik atau tidak tersedianya kulkas di rumah. Kata dia, meski sulit, ternyata kamu masih tetap bisa melakukannya.

Ilustrasi menyimpan daging di dalam kulkas. Foto: Shutterstock
Ilustrasi menyimpan daging di dalam kulkas. Foto: Shutterstock

"Daging, setelah kita terima memang penyimpanannya harus di suhu dingin atau di bawah 5 derajat. Kalau mau diakali, salah satunya beli stirofoam," katanya seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, sebelum meletakkan ke dalam stirofoam, Chef Stefu mengatakan kamu bisa membungkus daging dengan rapat menggunakan plastik. Tujuannya agar tidak ada udara yang masuk.

Setelah itu, baru masukkan daging ke dalam stirofoam lalu kubur dengan es batu.

Metode itu bisa membuat daging bertahan paling tidak selama 1 x 24 jam.

"Stirofoam adalah satu-satunya alat yang bisa menjaga suhu di dalam tapi dalam kondisi tertutup," lanjutnya.

Jika daging sudah terkubur dengan es batu, maka taburkanlah garam ke dalam stirofoam supaya suhu dingin di dalamnya bisa bertahan agak lama. Berkat garam, es batu tidak mudah mencair menjadi air.

Cara Memasak Daging yang Disimpan Tersebut

Ilustrasi Mencuci Daging Foto: Shutterstock/Halfpoint
Ilustrasi Mencuci Daging Foto: Shutterstock/Halfpoint

Ketika ingin memasak daging tersebut, Chef Stefu mengimbau untuk memeriksa kondisi daging terlebih dahulu untuk memastikan masih layak konsumsi atau tidak.

Salah satu cara untuk menilai apakah daging masih layak konsumsi adalah dengan mencium aromanya. Daging yang membusuk akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Warna daging yang sudah tidak baik biasanya berubah membiru atau kehijauan.

"Kalau ada warna kayak transparan, selama enggak berbau, enggak apa-apa. Tapi, kalau sudah berwarna biru, kehijauan, sebaiknya jangan dikonsumsi," kata dia.

Kendati demikian, Chef Stefu tetap menyarankan daging untuk disimpan di dalam kulkas dengan suhu di bawah 5 derajat celsius, lebih baik jika diletakkan di dalam freezer.

"Kalau di dalam freezer, biasanya daging bisa bertahan selama setahun tapi tergantung ya. Dengan syarat kulkas tersebut tidak pernah mengalami perubahan suhu yang signifikan," pungkas dia.

Media files:
xtszbnprmyeg6ftxte26.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar