Search This Blog

Jawaban Teka-teki Silang: Sungai di Provinsi Sumatra Selatan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jawaban Teka-teki Silang: Sungai di Provinsi Sumatra Selatan
Apr 28th 2023, 17:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Sungai di Provinsi Sumatra Selatan, Foto Unsplash Amran Alie
Sungai di Provinsi Sumatra Selatan, Foto Unsplash Amran Alie

Teka-teki silang merupakan salah satu permainan yang populer dan dimainkan masyarakat sejak dulu. Namun sayangnya, terkadang masyarakat mengalami kesulitan dalam memainkan permainan ini karena pertanyaannya yang cukup susah dijawab. Salah satu pertanyaan tersebut adalah sungai di Provinsi Sumatra Selatan

Nah kalau kamu juga mengalami kesulitan saat menjawab teka-teki tersebut, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Sungai di Provinsi Sumatra Selatan

Sungai di Provinsi Sumatra Selatan, Foto Unsplash Hadi Utama
Sungai di Provinsi Sumatra Selatan, Foto Unsplash Hadi Utama

Jadi, ada beberapa sungai di Provinsi Sumatra Selatan, yaitu:

1. Musi

Berdasarkan buku Kajian Nilai-nilai Pluralisme Sejarah Kebudayaan Palembang oleh Dr. Muhamad Idrs, M.Pd, dkk (2021:28), Sungai Musi adalah sungai terpanjang kedua di Sumatra setelah Sungai Batanghari di Jambi.

Panjang Sungai Musi sekitar 720 km yang berhulu di Pegunungan Bukit Barisan (Kepahiang) dan bermuara di Selat Bangka (Sungsang). Daerah Aliran Sungai Musi dari Hulu sampai Hilir meliputi Sungai Kelingi, Lakitan, Rawas, Batanghari Leko, Semangus, Lematang, Ogan, dan Komering.

Sungai Musi menjadi salah satu sungai terpopuler di Pulau Sumatra karena melintasi ibukota Sumatra Selatan, yakni Palembang, dan terdapat Jembatan Ampera di atasnya. Jembatan ini pun menjadi ikon dari kota tersebut.

Baca juga: Kunci Jawaban TTS: Sungai Terpanjang di Eropa

2. Ogan

Sungai Ogan juga merupakan nama sungai di Sumatra Selatan. Lebih tepatnya, ia adalah anak sungai dari Sungai Musi. Hulu sungai ini juga berasal dari Pegunungan Bukit Barisan dan berakhir di Sungai Musi yang berada di Palembang.

Sungai Ogan adalah sungai paling panjang ketiga di Sumatra Selatan. Beberapa kelompok masyarakat Melayu seperti Ogan, Pegagan, dan Penesak hidup di sekitar sungai ini. Banyak dari mereka yang berprofesi sebagai karena lembah sungai tersebut merupakan daerah yang subur.

3. Komering

Nama sungai lain di Sumatra Selatan adalah Sungai Komering. Sungai ini menjadi sungai paling panjang di Sumatra Selatan kedua setelah Sungai Musi. Sesuai namanya, masyarakat Suku Komering menghuni daera sungai ini.

Sungai Komering juga merupakan anak Sungai Musi. Hulu dari sungai ini adalah Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Sungai Musi, tepatnya di Sungai Gerong.

Itulah berbagai nama sungai di Provinsi Sumatra Selatan. Pilihlah salah satu sungai yang sesuai dengan kotak-kotak di permainan teka-teki silangmu. (LOV)

Media files:
01gz3f3pc9epwrf715nhsb25ph.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar