Search This Blog

Harga Komoditas: Nikel Anjlok ke Level USD 15.000, Imbas Kelebihan Pasokan di RI

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Harga Komoditas: Nikel Anjlok ke Level USD 15.000, Imbas Kelebihan Pasokan di RI
Sep 9th 2024, 08:22, by Abdul Latif, kumparanBISNIS

Ilustrasi ore nikel. Foto: Potapov Alexander/Shutterstock
Ilustrasi ore nikel. Foto: Potapov Alexander/Shutterstock

Harga nikel ambles pada penutupan perdagangan Jumat (6/9). Penurunan harga nikel ini menjadi paling rendah dalam lima minggu terkahir.

Selain itu, minyak mentah turun pada penutupan perdagangan Jumat (6/9), setelah data pekerjaan AS melemah dari yang diharapkan pada bulan Agustus, lebih besar daripada dukungan harga dari penundaan peningkatan pasokan oleh produsen OPEC+.

Dikutip dari Reuters, minyak mentah Brent berjangka turun 2,24 persen menjadi USD 71,06 per barel, level terendah sejak Desember 2021. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 2,14 persen menjadi USD 67,67 per barel, level terendah sejak Juni 2023.

Batu Bara

Sedangkan harga batu bara sedikit naik pada penutupan perdagangan Jumat. Harga batu bara berdasarkan situs tradingeconomics naik 0,35 persen dan menetap di USD 141.50 per ton.

Harga batu bara turun hingga mencapai level terendah dalam lima minggu di tengah melemahnya permintaan dari pembeli utama, China. Data ekonomi China menunjukkan pertumbuhan yang lambat dan berkurangnya permintaan pabrik, sementara ISM Manufacturing PMI menunjukkan kontraksi selama lima bulan berturut-turut dalam aktivitas pabrik AS.

Selain itu, China telah meningkatkan upaya untuk meningkatkan pengukuran kandungan karbon dalam produknya, sebuah langkah penting menuju pencapaian target iklimnya dan mematuhi standar karbon global yang lebih ketat.

CPO

Harga minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) menurun pada penutupan perdagangan Jumat. Berdasarkan situs tradingeconomics, harga CPO turun 0,46 persen menjadi MYR 3.901 per ton.

Harga CPO menurun imbas penguatan Ringgit dan penurunan minyak pesaing di pasar Dalian dan CBoT. Impor CPO di konsumen utama, India, anjlok 27 persen pada Agustus, di tengah stok yang melimpah dan karena margin negatif mendorong penyuling untuk memangkas pembelian.

Sementara itu, produsen terbesar di dunia, Indonesia, sedang mempersiapkan penggunaan biodiesel B50 berbasis minyak sawit secara luas pada tahun 2025 setelah aturan deforestasi oleh UE. Pelaku pasar terus mengikuti laporan bahwa China berencana untuk memulai penyelidikan anti-dumping terhadap impor kanola dari Kanada, karena dampaknya terhadap harga minyak sawit bisa jadi signifikan.

Nikel

Adapun harga nikel terpantau mengalami penurunan pada penutupan perdagangan Jumat. Harga nikel berdasarkan situs tradingeconomics melemah 1,15 persen menjadi USD 15.893 per ton.

Harga nikel berjangka turun ke level USD 15.000, mencapai titik terendah dalam 5 minggu di tengah pasokan yang melimpah.

Indonesia, yang kini memproduksi lebih dari setengah nikel dunia, telah meningkatkan produksi secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, yang menyebabkan harga turun dan memaksa penutupan produsen di tempat lain.

Selain itu, kapasitas tambahan sebesar 928.000 ton diharapkan akan beroperasi dalam tiga tahun ke depan, terutama untuk baterai kendaraan listrik (EV). Pemerintah Indonesia mengantisipasi harga nikel akan stabil mendekati level saat ini karena pabrik-pabrik baru menyeimbangkan permintaan yang meningkat dengan pasokan yang kuat.

Timah

Sementara itu, harga timah terpantau mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan Jumat. Berdasarkan situs tradingeconomics, harga timah naik 0,82 persen menjadi USD 31.024 per ton.

Harga timah berjangka mengikuti penurunan tajam untuk logam dasar di tengah meningkatnya kekhawatiran akan rendahnya permintaan di konsumen utama. PMI manufaktur NBS menunjukkan kontraksi ketiga berturut-turut dalam aktivitas pabrik China selama Juli, menggarisbawahi permintaan domestik yang buruk untuk barang-barang industri.

Logam dasar juga tertekan oleh penurunan yang lebih tajam pada aktivitas pabrik AS menurut PMI ISM, yang berkontribusi pada aksi jual luas dalam komoditas terkait industri.

Namun, eksportir utama Indonesia tetap khawatir tentang pasokan global yang ketat karena penundaan perizinan berdampak tajam pada pengiriman kuartal pertama, diperbesar oleh kekhawatiran gangguan perizinan di masa mendatang untuk sisa tahun ini.

Media files:
01h3m5wk6d8djdbz13rn2d3ydm.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar