Search This Blog

Apakah Kamu Mengetahui tentang Demokrasi? Berikut Ini Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah Kamu Mengetahui tentang Demokrasi? Berikut Ini Penjelasannya
Sep 18th 2024, 22:58, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi apakah kamu mengetahui tentang demokrasi? Sumber: Pexels/Edmond dantès
Ilustrasi apakah kamu mengetahui tentang demokrasi? Sumber: Pexels/Edmond dantès

Apakah kamu mengetahui tentang demokrasi? Pertanyaan ini kadang muncul dalam pelajaran PKN maupun dalam diskusi. rata-rata orang pasti kerap mendengar tentang kata demokrasi. Namun, soal pengertiannya, mungkin masih banyak yang belum memahami.

Pengertian paling sederhana dari demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dalam sistem pemerintahan demokrasi, rakyat adalah pemegang kekuasaan tertinggi.

Jawaban Pertanyaan Apakah Kamu Mengetahui tentang Demokrasi

Ilustrasi apakah kamu mengetahui tentang demokrasi? Sumber: Pexels/Edmond dantès
Ilustrasi apakah kamu mengetahui tentang demokrasi? Sumber: Pexels/Edmond dantès

Supaya bisa menjawab pertanyaan apakah kamu mengetahui tentang demokrasi, seseorang harus mengerti dulu pengertiannya. Berikut ini penjelasan tentang pengertian demokrasi, ciri-ciri, tujuan, dan contohnya.

1. Pengertian Demokrasi

Mengutip artikel berjudul Pengertian Demokrasi, Model, dan Prinsipnya, yang bisa diakses pada laman polpum.kemendagri.go.id, kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani, demos dan kratos. Demos berarti rakyat dan kratos berarti kekuasaan yang mutlak.

Apabila dua kata itu digabungkan, maka pengertian demokrasi secara harafiah adalah kekuasaan yang mutlak oleh rakyat. Pernyataan "pemerintahan oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat" sangat erat kaitannya dengan kata demokrasi.

Sementara itu, menurut KBBI, pengertian demokrasi adalah pemerintahan rakyat atau bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantara wakilnya.

2. Ciri-Ciri Demokrasi

Sistem pemerintahan demokrasi memiliki berbagai ciri khusus, berikut ini di antaranya:

  • Warga negara memiliki hak untuk memilih pemimpin mereka secara langsung atau melalui perwakilan yang dipilih dalam pemilihan umum.

  • Menghormati dan melindungi hak asasi manusia, termasuk kebebasan berbicara, kebebasan pers, dan hak untuk berkumpul secara damai.

  • Mengakui dan menghormati keragaman pendapat dan memfasilitasi proses penyelesaian konflik melalui dialog dan perundingan.

  • Adanya kebebasan media dan kebebasan berekspresi, mempermudah warga negara untuk mengakses informasi dengan bebas.

  • Prinsip pembagian kekuasaan antara cabang eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk mencegah konsolidasi kekuasaan yang berlebihan.

  • Penerapan hukum yang adil dan setara karena semua warga negara setara di mata hukum.

3. Tujuan dan Contoh Demokrasi

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-cirinya, kini saatnya membahas mengenai tujuan dan contoh demokrasi. Tujuan demokrasi antara lain sebagai berikut:

  • Memberikan kebebasan dan hak-hak individu

  • Meningkatkan partisipasi politik rakyat

  • Menjaga keseimbangan dan kekuasaan

  • Meningkatkan kualitas hidup rakyat

  • Membangun perdamaian dan stabilitas

Salah satu contoh demokrasi yang ada di Indonesia adalah dilangsungkannya pemilihan pemimpin, baik di tingkat daerah maupun pusat secara langsung.

Baca juga: Pengertian Demokrasi dan Prinsip-prinsipnya

Penjeasan di atas merupakan jawaban lengkap untuk pertanyaan apakah kamu mengetahui tentang demokrasi. Semoga membantu! (SASH)

Media files:
01j82t09dhdbc43ngqv6e2j5be.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar