Search This Blog

Memahami Maksud Pancasila sebagai Philosofische Grondslag

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Memahami Maksud Pancasila sebagai Philosofische Grondslag
Aug 27th 2024, 22:04, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag. Foto: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag. Foto: Unsplash/Mufid Majnun

Pancasila adalah lambang sekaligus ideologi Indonesia. Dalam sejarahnya, Pancasila sempat dikenal sebagai philosofische Grondslag. Jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag!

Presiden pertama Indonesia Soekarno pernah mengucapkan philosofische Grondslag dalam pidatonya. Hal ini tak terlepas dari usulan di sidang pertama BPUPKI dalam membahas dasar negara Indonesia.

Jelaskan Maksud Pancasila sebagai Philosofische Grondslag! Ini Jawabannya

Ilustrasi jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag. Foto: Unsplash/Lighten Up
Ilustrasi jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag. Foto: Unsplash/Lighten Up

Pada sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, terjadi perdebatan tentang dasar negara Indonesia. Selain itu, terjadi philosofische Grondslag menjadi perumusan pada sidang tersebut.

Kemudian, Soekarno berpidato menyampaikan usulannya. Para peserta sidang menyetujui usulan yang disampaikan Soekarno yang mengatakan bahwa Pancasila adalah philosophische Grondslag. Isi pidato tersebut yakni:

"Philosophische grondslag adalah fundamen, filsafat, pikiran yang sedalam-dalamnya jiwa, hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan gedung Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi."

Dikutip dari buku Filsafat dan Ideologi Pancasila: Teori, Kajian dan Isu Kontemporer oleh Wartoyo (2020) philosophische Grondslag berasal dari bahasa Belanda yang artinya dasar filosofis.

Sedangkan jawaban dari pertanyaan jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag landasan falsafah bangsa dan arah yang akan dituju oleh rakyat Indonesia.

Sebagaimana yang dijelaskan Soekarno bahwa Pancasila sebagai philosofische Grondslag memiliki dua kepentingan, yakni:

  • Pancasila diharapkan menjadi pedoman dan petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari, keluarga, dan berbangsa.

  • Pancasila diharapkan sebagai dasar negara sehingga suatu kewajiban bahwa dalam segala tata hukum, politik, ekonomi, maupun sosial masyarakat harus berdasarkan pada tujuan Pancasila.

Selain itu, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa memiliki makna bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh bangsa Indonesia selalu berkaitan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

Dalam hal ini, Pancasila diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga lambang negara tersebut bukan sekadar formalitas semata, melainkan benar-benar terealisasi dalam aksi nyata.

Sejak zaman kemerdekaan hingga sekarang, Pancasila telah tumbuh menjadi pedoman hidup yang memuat cita-cita bangsa Indonesia. Lebih dari itu, Pancasila telah menjadi pemersatu bagi ratusan suku dan banyak ras di Indonesia.

Baca Juga: Alasan Mengapa Pancasila Merupakan Sistem Filsafat

Sekarang, sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan jelaskan maksud Pancasila sebagai philosofische Grondslag bukan? Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan tentang sejarah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia.(MZM)

Media files:
01j695tcqhj02dg8w7ptrzj42v.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts