Search This Blog

Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah
Aug 4th 2024, 18:18, by Berita Terkini, Berita Terkini

Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Jonas Jacobsson
Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Jonas Jacobsson

Abstrak merupakan salah satu bagian dari karya tulis ilmiah seperti jurnal dan skripsi. Bagian ini berada di awal karya tulis ilmiah. Cara membuat abstrak pada penelitian ilmiah bisa dipelajari agar tidak bingung dengan bagian ini.

Jika ingin membuat abstrak maka harus mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa yang dimaksud dengan abstrak serta isinya. Dengan begitu bisa membuat abstrak yang memberikan gambaran untuk pembaca.

Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah Agar Lebih Mudah Dipahami

Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Olga Tutunaru
Cara Membuat Abstrak pada Penelitian Ilmiah. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Olga Tutunaru

Dikutip dari buku Metodologi Penelitian karya Bambang Suhartawan, (2024) abstrak merupakan isi dan ringkasan dari dokumen atau karya tulis ilmiah yang akan dibaca pembaca. Fungsi abstrak adalah kesimpulan dari unsur-unsur penelitian atau artikel.

Abstrak yang baik memuat umumnya 120 kata atau kurang (mungkin lebih untuk tesis dan disertasi). Beberapa ahli menjelaskan bahwa abstrak sebaiknya tidak lebih dari 350 kata dan perlu memuat beberapa elemen kunci.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat abstrak pada penelitian ilmiah agar lebih mudah dipahami? Jika ingin membuat abstrak pada jurnal atau penelitian lainnya, ada beberapa hal yang harus dimasukkan, seperti.

1. Gambaran Umum Penelitian

Hal pertama yang harus disampaikan ketika menulis abstrak adalah informasi umum tentang penelitian yang dilakukan. Informasi yang dimaksud adalah judul, nama peneliti hingga waktu penelitian.

2. Tujuan Penelitian

Hal kedua yang harus disampaikan pada bagian abstrak adalah tujuan penelitian yang menjelaskan tentang mengapa penelitian dilakukan.

3. Metode Penelitian

Bagian ini menjelaskan mengenai metode penelitian yang digunakan sehingga menghasilkan kesimpulan yang sesuai dengan judul penelitian.

4. Hasil Penelitian

Hal keempat yang perlu dijelaskan di dalam abstrak adalah hasil penelitian atau temuannya. Hasil penelitian ini merupakan jawaban dari rumusan masalah yang ada pada bab pertama.

5. Kata Kunci

Kata kunci merupakan bagian terakhir dari abstrak di mana pada bagian ini biasanya terdiri dari tiga kata kunci yang menjelaskan atau memberikan gambaran penelitian.

Ketika menulis abstrak maka harus menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah teknis yang terlalu banyak. Selain itu, pedoman yang ada perlu diperhatikan. Setiap jurnal atau lembaga bisa memiliki pedoman penulisan abstrak yang berbeda.

Baca juga: Pengertian Variabel Intervening dalam Karya Tulis Ilmiah

Cara membuat abstrak pada penelitian ilmiah tersebut bisa dijadikan panduan ketika sedang mengerjakan skripsi atau jurnal misalnya. Abstrak merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah penelitian sehingga harus dibuat dengan benar. (WWN)

Media files:
01j4e6ktph2jndrhetgwqmv6tc.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar