Search This Blog

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 168-169: Potensi Ekonomi Maritim Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 168-169: Potensi Ekonomi Maritim Indonesia
Feb 4th 2024, 20:53, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 168-169, Foto: Unsplash/SHansche.
Ilustrasi Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 168-169, Foto: Unsplash/SHansche.

Pelajaran IPS berkaitan dengan pemahaman tentang berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Salah satu materi di kelas 8 adalah Potensi Ekonomi Maritim Indonesia. Kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 168-169 ini bisa digunakan sebagai referensi.

Kunci jawaban tersebut membahas mengenai kekayaan sumber daya alam yang ada di laut. Kekayaan yang sangat besar ini terjadi karena kedudukan geografis sebagai kepulauan dengan ribuan pulau.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 168-169

Ilustrasi Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 168-169, Foto: Unsplash/liorpt.
Ilustrasi Kunci Jawaban Ips Kelas 8 Halaman 168-169, Foto: Unsplash/liorpt.

Indonesia memiliki sumber daya kelautan yang melimpah, termasuk ikan, udang, dan sumber daya laut lainnya. Dengan menjaga keseimbangan, diharapkan Indonesia dapat meraih potensi ekonomi maritim yang berkelanjutan.

Di halaman 168 ini, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai Potensi Ekonomi Maritim Indonesia. Berikut adalah soal yang dikutip dari buku Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 karya Mukminan dkk (2017) beserta kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 168-169 yang bisa digunakan sebagai referensi.

1. Kegiatan apa yang dilakukan oleh orang-orang pada kedua gambar tersebut?

Jawaban:
Nelayan sedang mengumpulkan hasil tangkapan ikannya dan gambar seseorang yang sedang menjemur ikan hasil tangkapan.

2. Menurut kalian, apakah kegiatan mereka termasuk dalam kegiatan ekonomi maritim? Berilah penjelasan berikut alasannya!

Jawaban:
Ya, karena kegiatan ini merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa.

3. Setelah kalian menjawab pertanyaan no. 2, kalian diskusikan dengan teman, apa yang dimaksud dengan ekonomi maritim dan identiikasi beberapa contoh aktivitas yang tergolong dengan ekonomi maritim.

Jawaban:
Ekonomi maritim (maritime economy) merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait.
Ini mencakup berbagai kegiatan yang melibatkan pemanfaatan laut dan sumber daya kelautan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.
Pemanfaatan potensi ekonomi maritim secara berkelanjutan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Contohnya kegiatan nelayan yang menangkap ikan, udang, dan sumber daya kelautan lainnya untuk dijual atau dikonsumsi. Ini mencakup perikanan tradisional dan modern, baik di perairan laut lepas maupun perairan pesisir.

Baca Juga: Soal dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 61: Memasangkan Nama Gunung

Itulah uraian kunci jawaban IPS kelas 8 halaman 168-169 yang bisa digunakan sebagai referensi. Potensi maritim Indonesia yang begitu besar harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dan dijaga keseimbangannya untuk hidup berkelanjutan. (Umi)

Media files:
01hnqn0f0twg97ytcah4jta62v.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar