Search This Blog

Toyota Tuntaskan Balapan Ketahanan Pakai Biogas dari Kotoran Ayam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Toyota Tuntaskan Balapan Ketahanan Pakai Biogas dari Kotoran Ayam
Dec 29th 2023, 06:44, by Aditya Pratama Niagara, kumparanOTO

Toyota GR86 CNF Concept. Foto: dok. Toyota
Toyota GR86 CNF Concept. Foto: dok. Toyota

Toyota terus membuktikan penerapan karbon netral bisa dilakukan menggunakan energi alternatif. Salah satunya memanfaatkan biogas yang berasal dari kotoran ayam, bahkan untuk kegiatan balapan.

Terbaru, Toyota menuntaskan balapan ketahanan Idemitsu Super Endurance Southeast Asia Trophy 2023 di Thailand 25 Desember 2023 lalu, dengan menurunkan beberapa kendaraan berorientasi pada pengurangan emisi.

Ada GR86 CNF Concept, GR Corolla H2 Concept, dan Prius CNF-HEV GR Concept, sebagai upaya memperluas opsi penggunaan bahan bakar mesin pembakaran untuk kegiatan motorsport.

Toyota GR Corolla H2 Concept. Foto: dok. Toyota
Toyota GR Corolla H2 Concept. Foto: dok. Toyota

GR86 dan Prius yang disebutkan di atas menggunakan bahan bakar karbon netral. Berupa bahan bakar sintetik yang diproduksi secara artifisial dari karbondioksida dari atmosfer dan hidrogen dari energi terbarukan.

Bahan bakar tersebut dianggap bisa memenuhi aspek netral karbon, lantaran jumlah CO2 yang dihasilkan saat proses pembakaran mesin, dapat diserap kembali untuk memproduksi bahan bakar sintetik itu sendiri.

Toyota Prius CNF-HEV GR Concept. Foto: dok. Toyota
Toyota Prius CNF-HEV GR Concept. Foto: dok. Toyota

Sementara pada model Corolla, sebagian hidrogennya menggunakan biogas yang dihasilkan dari kotoran ayam, yang dikembangkan oleh perusahaan Charoen Pokphand (CP).

Selama balapan berlangsung, GR86 berhasil melakoni 289 lap, Prius 272 lap, dan Corolla 161 lap yang semuanya dicapai dalam waktu sepuluh jam.

Toyota GR Corolla H2 Concept. Foto: dok. Toyota
Toyota GR Corolla H2 Concept. Foto: dok. Toyota

Chairman Akio Toyoda yang terjun langsung di balapan tersebut mengatakan, kendati terdapat kendala, pabrikan mampu menyelesaikan kompetisi.

"Selain mesin hidrogen yang melaju di tahun kedua, saya mendapat kesan bahwa mobil Prius dan hybrid diterima dengan baik oleh masyarakat Thailand tahun ini," katanya mengutip siaran resmi Toyota.

Chairman Toyota Akio Toyoda.  Foto: dok. Toyota
Chairman Toyota Akio Toyoda. Foto: dok. Toyota

Toyoda juga menegaskan bahwa untuk menciptakan gerakan netral karbon pada mobilitas masa depan, akan sulit tercapai apabila dilakukan oleh satu perusahaan saja.

"Saya yakin jika banyak orang bekerja sama dan mengambil tindakan, jumlah mitra yang berpikiran sama akan meningkat, dan lanskap masa depan pasti akan berubah," lanjutnya.

Media files:
01hjnqt31zfthar0cfz79fa0qe.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar