Search This Blog

Jokowi Respons Anies soal PSN Disebut Proyek Titipan: Tunjuk yang Mana, Siapa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jokowi Respons Anies soal PSN Disebut Proyek Titipan: Tunjuk yang Mana, Siapa
Oct 1st 2023, 22:46, by Fachrul Irwinsyah, kumparanNEWS

Presiden Jokowi memberikan sambutan di Rakernas PDIP IV. Foto: PDIP
Presiden Jokowi memberikan sambutan di Rakernas PDIP IV. Foto: PDIP

Presiden Jokowi menanggapi pernyataan bacapres Anies Baswedan terkait proyek strategis nasional (PSN). Anies dalam acara Rakornas 1 Partai Masyumi mengatakan PSN jika tidak dikendalikan dengan baik bisa jadi titipan dari kanan dan kiri.

Merespons hal itu, Jokowi mempersilakan untuk diungkap proyek mana yang menjadi titipan pihak tertentu.

"Ya, ditunjuk saja proyek mana, yang nitip siapa," kata Jokowi usai acara Istana Berrbatik di Jakarta, Minggu (1/10).

Pernyataan Anies soal PSN disampaikan saat memberikan sambutan di acara Rakornas 1 Partai Masyumi. Sambutan Anies ditayangkan secara live di akun Youtube MASYUMITV pada Sabtu (30/9).

Anies awalnya membahas soal kebijakan-kebijakan yang tanpa governance yang benar. Ia lalu menggunakan PSN sebagai contoh.

"Kita sering saksikan kebijakan-kebijakan tanpa governance yang benar yang muncul. Saya beri contoh suatu ketika saya ditanya soal PSN, program strategis nasional, saya sampaikan program strategis nasional secara substansi itu baik-baik saja yang problem sering kita alami adalah bagaimana PSN itu disusun," kata Anies.

Menurut Anies PSN harusnya disusun dengan melibatkan publik dan merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Pangjang (RPJP) serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Namun jika prosesnya dilakukan tidak transparan maka ini bisa jadi proyek titipan.

"Kalau itu tidak dikendalikan dengan baik PSN ini kemudian menjadi titipan dari kanan-kiri yang masuk tanpa kita ketahui bagaimana proses itu disusun. Kenapa itu dibuat supaya mempercepat berbagai macam program yang sesuai dengan RPJP yang sesuai dengan RPJM," tutur Anies.

"Itulah sebabnya dijadikan fast track, tapi kalau fast track ini tanpa ada tata kelola yang benar maka dia menjadi titipan kanan-kiri dan ketika titipan kanan-kiri konsekuensinya dirasakan masyarakat," tambahnya.

Media files:
01hbg419c363967svbcsee0cmm.png (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar