Search This Blog

9 Fakta Unik Bunga Raflesia: Flora Endemik dari Negara Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
9 Fakta Unik Bunga Raflesia: Flora Endemik dari Negara Indonesia
Mar 13th 2023, 17:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

https://unsplash.com/@colinandmeg - Bunga raflesia merupakan flora endemik dari negara Indonesia
https://unsplash.com/@colinandmeg - Bunga raflesia merupakan flora endemik dari negara Indonesia

Bunga raflesia merupakan flora endemik dari negara Indonesia. Lebih tepatnya, bunga Rafflesia arnoldii adalah tanaman parasit langka yang hanya ditemukan di Sumatera dan Kalimantan, Indonesia. Apa yang menarik dari bunga ini?

Baca Juga: Nama Bunga Terbesar di Dunia yang Hidup dan Asli dari Indonesia

Bunga Raflesia Merupakan Flora Endemik dari Negara Indonesia

Tadi sudah disebutkan bahwa bunga raflesia merupakan flora endemik dari negara Indonesia. Rafflesia arnoldii terkenal karena memiliki ukungan bunga terbesar di dunia, dengan diameter mencapai 1 meter dan berat mencapai 11 kilogram.

Rafflesia arnoldii merupakan spesies yang terancam punah karena habitat alaminya semakin terdegradasi. Tanaman ini dilindungi oleh undang-undang di Indonesia dan dianggap sebagai salah satu keajaiban alam Indonesia yang patut dilestarikan.

https://unsplash.com/@colinandmeg
https://unsplash.com/@colinandmeg

Fakta Unik Bunga Raflesia

Mengutip dari buku Fakta Keren, @faktakeren, 2013, berikut beberapa fakta unik tentang bunga raflesia yang merupakan flora endemik dari negara Indonesia.

  1. Bunga Rafflesia hanya muncul sekali setahun. Mekar selama beberapa hari dan kemudian mati.

  2. Selama periode tersebut, bunga tersebut mengeluarkan bau busuk seperti daging busuk yang menarik lalat dan serangga penyerbuk.

  3. Tanaman ini tidak memiliki daun, batang, atau akar seperti tanaman pada umumnya, dan hanya bergantung pada tanaman inang sebagai sumber makanan untuk mendapatkan nutrisi.

  4. Bunga Rafflesia dapat tumbuh hingga mencapai diameter sekitar 1 meter dan beratnya bisa mencapai 11 kg.

  5. Rafflesia hanya dapat ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

  6. Serangga seperti lalat dan kumbang memainkan peran penting dalam penyerbukan Rafflesia. Karena bau busuk yang dihasilkan, serangga tersebut tertarik untuk berkunjung dan memakan nektar bunga.

  7. Rafflesia tidak dapat melakukan fotosintesis karena tidak memiliki klorofil seperti tumbuhan pada umumnya.

  8. Bunga Rafflesia menjadi lambang provinsi Bengkulu di Indonesia karena banyak ditemukan di wilayah tersebut dan dianggap sebagai kekayaan alam yang patut dijaga.

  9. Rafflesia arnoldii dilindungi oleh hukum di Indonesia dan dianggap sebagai spesies yang dilindungi secara internasional. Upaya konservasi dan perlindungan dilakukan untuk memastikan kelangsungan hidup spesies ini dan habitatnya.

Itu tadi penjelasan singkat bahwa bunga raflesia merupakan flora endemik dari negara Indonesia sekaligus dengan beberapa fakta uniknya yang menarik untuk Anda ketahui. (DNR)

Media files:
01gvd4g0v4g27w357r6nte72d2.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar