Search This Blog

Viral Relokasi Kucing Liar di GBK Pakai Plastik, Ini Penjelasan Pengelola

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Viral Relokasi Kucing Liar di GBK Pakai Plastik, Ini Penjelasan Pengelola
Jun 18th 2024, 11:46, by Rini Friastuti, kumparanNEWS

Ilustrasi kucing di alam. Foto: muralird2008/Shutterstock
Ilustrasi kucing di alam. Foto: muralird2008/Shutterstock

Dua orang petugas berbaju hitam terlihat tengah merelokasi kucing di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, yang disebut bebas kucing liar. Namun, kucing-kucing tersebut direlokasi dengan cara dimasukkan ke dalam karung plastik dan diikat. Aksi itu terekam kamera pengunjung GBK.

Video itu pun viral di media sosial dan memicu protes karena penangkapan dinilai kejam. "Masa sih sekelas GBK pake plastik? Coba dijelasin pertimbangannya apa pakai plastik? Nanya ama abangnya kaga ada hasil," begitu narasi yang muncul.

Bahkan muncul petisi dengan judul"Kucing Bukan Hama, Hentikan Kekejaman pada Hewan!" di change.org.

Atas hal itu, pengelola GBK memberikan penjelasan.

Kepala Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Asep Triyadi berterima kasih atas laporan peristiwa yang disampaikan kepada pengelola.

Dia menyayangkan peristiwa yang dilakukan oleh pihak ketiga yang disewa pengelola GBK.

"Kami sangat menyayangkan peristiwa relokasi hewan oleh vendor di kawasan GBK yang tidak sesuai standar. Terima kasih kepada #GBKPeople yang peduli terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare) di GBK," sebut Asep saat dihubungi, Selasa (18/6).

Pengelola mengaku berkomitmen tinggi terhadap kesejahteraan hewan dan berjanji tak akan membiarkan peristiwa serupa terjadi kembali.

Asep mengatakan, GBK tengah mengevaluasi kinerja vendor tersebut.

"Saat ini, kami sedang mengevaluasi dan berkomunikasi dengan vendor terkait pengelolaan hewan di GBK. Vendor wajib memahami dan mematuhi standar kesejahteraan hewan yang berlaku," sebut Asep.

Sementara itu, terhadap komunitas pencinta hewan yang merasa dikecewakan, Asep mengatakan pengelola membuka diri untuk berkomunikasi dengan mereka guna memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan hewan yang ada di kawasan GBK.

"Kami juga membuka diri untuk berkomunikasi dengan komunitas pencinta dan pemerhati hewan untuk mendapatkan saran dan bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan hewan di GBK," tutupnya.

Kawasan Stadion GBK Bebas Kucing Liar

Asep juga menjelaskan alasan kawasan Stadion GBK bebas kucing liar. Yaitu untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan bersih bagi pengunjung.

Akan tetapi pihaknya mengaku membuka diri apabila ada masukan terkait titik kawasan mana yang sebaiknya steril dan tidak.

"Intinya kami ingin memberikan rasa bersih dan nyaman kepada pengunjung GBK, dalam hal ini di Ring Road Stadion Utama. Saya kira ini juga berlaku di stadion-stadion lain dari dulu. Untuk wilayah mana yang steril hal ini sedang menjadi bahan evaluasi kami. Terima kasih," kata Asep.

Media files:
01h556jrnht9j31rhk0hgd1548.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar