Search This Blog

Komnas Perlindungan Anak Ungkap Penyebab Anak SD Sudah Bertunangan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Komnas Perlindungan Anak Ungkap Penyebab Anak SD Sudah Bertunangan
Jun 26th 2024, 06:50, by Masruroh, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya Syaiful Bachri. Foto: Masruroh/Basra
Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya Syaiful Bachri. Foto: Masruroh/Basra

Bertunangan di usia yang masih dini rupanya masih banyak terjadi di masyarakat, terutama di kalangan masyarakat Madura. Perjodohan merupakan penyebab anak usia dini bisa bertunangan dengan mereka yang berusia lebih dewasa.

Biasanya pertunangan ini dialami anak perempuan yang masih berusia dini dengan pria dewasa yang usianya terpaut jauh dengannya.

"Biasanya karena perjodohan ya. Jadi anak dijodohkan orang tuanya, kemudian mereka menggelar pertunangan sebelum menikah," ungkap Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya Syaiful Bachri, kepada Basra, Selasa (25/6) malam.

Syaiful menuturkan perjodohan sudah menjadi tradisi turun menurun di kalangan masyarakat Madura dan menjadi hal yang sulit untuk dicegah. Minimnya pengetahuan masyarakat akan bahaya pernikahan dini menjadi penyebab utama tradisi masih terus berlangsung di kalangan masyarakat.

Komnas Perlindungan Anak Ungkap Penyebab Anak SD Sudah Bertunangan
www.garrya.com

"Ya karena mereka tidak mengetahui bahaya pernikahan dini. Makanya tradisi perjodohan bisa terus ada. Inilah pentingnya sosialisasi yang harus dilakukan secara masif kepada masyarakat tentang bahaya pernikahan dini," terang Syaiful.

Pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan sebelum mencapai usia 18 tahun. Selain bisa berdampak buruk bagi kesehatan, pernikahan dini juga berpotensi memicu kekerasan seksual dan pelanggaran hak asasi manusia.

Menurut Syaiful, sosialisasi terkait bahaya pernikahan dini perlu dilakukan dengan menggandeng para ulama. Pasalnya, masih banyak kalangan masyarakat yang menjadikan ulama sebagai panutannya.

"Dibandingkan pemerintah, mungkin mereka lebih nurut ke ulama ya. Nah di sinilah pentingnya peran ulama dalam sosialisasi terkait dampak negatif dari pernikahan dini," tandasnya.

Media files:
01j18vrsmkc5a70snhf825m8d0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar