Search This Blog

Kebiasaan yang Bisa Bikin Baterai Mobil Hybrid Berusia Panjang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kebiasaan yang Bisa Bikin Baterai Mobil Hybrid Berusia Panjang
Jun 5th 2024, 06:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO

Pengecekan mobil hybrid di Dokter Mobil. Foto: Dokter Mobil
Pengecekan mobil hybrid di Dokter Mobil. Foto: Dokter Mobil

Meski minim perawatan, pemilik mobil hybrid dan mobil listrik harus selalu menjaga kebersihan di dalam mobil. Sebab secara langsung nantinya akan mempengaruhi kondisi baterainya.

CEO Dokter Mobil Indonesia Thayne Lika menceritakan kebanyakan mobil hybrid maupun listrik murni yang masuk ke bengkelnya, dalam keadaan baterai yang sangat kotor dan dipenuhi debu.

"Kebanyakan baterainya kotor banget itu kotornya debu. Jadi Indonesia lah ya, tau lah ya debunya banyak. Sebenernya mobil hybrid dan EV itu rentan sekali harus dibersihkan karena debu itu menghambat, heat transfer," bukanya saat ditemui kumparan di kawasan Kelapa Gading, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi mobil hybrid. Foto: Lalandrew/Shutterstock
Ilustrasi mobil hybrid. Foto: Lalandrew/Shutterstock

Kondisi baterai yang kotor dapat menyebabkan panas. Kalau hal itu terjadi dalam kurun waktu lama menyebabkan baterai lebih cepat drop lanjutnya.

Pria yang karib disapa Lung Lung ini juga mengingatkan jangan membuka jendela dan merokok di dalam mobil. Sebab sering-sering membuka jendela dapat menyebabkan debu masuk.

Selain itu, blower untuk memasukkan udara dari luar ke dalam kabin baiknya juga ditutup. Karena apabila diaktifkan partikel debu juga akan tersedot masuk ke dalam kabin.

"Ya intinya kita di Jakarta, di Indonesia kan, satu, panasnya minta ampun, dua debunya juga minta ampun kan. Jangan buka-buka jendela, jangan suka ngerokok di dalam mobil sambil buka jendela, not recommended lah," ungkapnya.

Ilustrasi sel baterai mobil. Foto: asharkyu/Shutterstock
Ilustrasi sel baterai mobil. Foto: asharkyu/Shutterstock

"Makanya sebenernya dari sisi higienis-nya sama dari sisi detailing-nya itu butuh diperhatikan banget. Sekarang ibaratnya sama kayak laptop, Anda pakai beberapa tahun gitu kan kotor semua dalamnya kan, itu dibersihin lagi, sama konsepnya, persis," imbuhnya.

Baiknya, kata Lung Lung, maintenance pembersihan komponen itu dalam satu tahun satu sampai dua kali. Tergantung pemakaian. "Kalau pemakaiannya berat, tiap hari ya, setahun dua kali," tuntas Lung Lung.

Media files:
01hz6s4bvsf9ke2xshqtyg19xd.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar