Search This Blog

Jokowi Bangun 61 Waduk dan Bendungan untuk Cegah Inflasi Imbas Krisis Pangan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Jokowi Bangun 61 Waduk dan Bendungan untuk Cegah Inflasi Imbas Krisis Pangan
Jun 14th 2024, 11:29, by Muhammad Darisman, kumparanBISNIS

Presiden Jokowi di Rakornas Pengendalian Inflasi di Istana Negara. Foto: Nadia Riso/kumparan
Presiden Jokowi di Rakornas Pengendalian Inflasi di Istana Negara. Foto: Nadia Riso/kumparan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan target 61 waduk dan bendungan dibangun selama 10 tahun kepemimpinannya untuk membantu peningkatan produksi pangan sehingga menekan kenaikan harga dan inflasi.

Jokowi mengatakan, 43 bendungan hingga kini sudah diresmikan. Pengendalian inflasi menjadi tantangan karena masalah neraka iklim bisa mengganggu kebutuhan air.

"Kita dalam 10 tahun ini memiliki target membangun waktu 61 waduk dan bendungan, yang sudah saya resmikan 43 bendungan," ujar Jokowi dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan TPID Award di Istana Negara, Jumat (14/6).

"Tapi air ini juga harus diteruskan sampai ke sawah, harus ada saluran primernya, harus ada irigasi sekunder, tersier sampe betul-betul ke sawah sehingga meningkatkan produksi. Ini nanti akan menjaga inflasi kita tidak naik," sambungnya.

Jokowi telah meresmikan Bendungan Tiu Suntuk di Provinsi NTB, Bendungan Ameroro di Provinsi Sulawesi Tenggara, dan Bendungan Sepaku Semoi di Provinsi Kalimantan Timur. Ia memastikan akan meresmikan bendungan-bendungan yang sudah selesai dibangun.

"Sehingga sekali lagi saya minta yang jadi kewajiban pusat dikerjakan pusat, provinsi dikerjakan provinsi, kewajiban kabupaten/kota dikerjakan kabupaten/kota. Sehingga betul-betul kerja terintegrasi," kata Jokowi.

Jokowi juga menekankan Indonesia harus meningkatkan sistem pertanian menjadi smart agriculture karena saat ini eranya teknologi atau smart system. Smart agriculture diterapkan di daerah unggulan masing-masing.

Ia mendorong daerah-daerah agar melakukan penelitian terhadap komoditas unggulan. Sebab, setiap daerah memiliki keunggulan masing-masing dan bentangan yang sangat panjang.

"Lakukan penelitian enggak usah banyak-banyak, satu aja, riset. Karena daerah kita ini bentangan sangat panjang dan setiap daerah punya unggulan. Enggak usah meneliti ratusan, satu aja," tutur Jokowi.

"Lakukan riset, buat percontohan, berhasil, copy. Dan juga undang investasi untuk membangun pabrik pengelolaannya sehingga nilai tambah dari perkebunan kita jadi meningkat," tambahnya.

Media files:
01j0adkvr34xvj01nhvrtbk20q.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts