Search This Blog

Gubernur BI Pamer Inflasi Indonesia Terendah di Dunia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Gubernur BI Pamer Inflasi Indonesia Terendah di Dunia
Jun 14th 2024, 10:12, by Muhammad Darisman, kumparanBISNIS

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (20/3). Foto: Ave Airizaa Gunanto/kumparan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (20/3). Foto: Ave Airizaa Gunanto/kumparan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut tren inflasi Indonesia selama 10 tahun terakhir tetap terkendali rendah. Bahkan, inflasi Indonesia merupakan yang terendah di dunia.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi RI pada Mei 2024 tercatat sebesar 2,84 persen. Angka itu masih dalam target sasaran BI yakni 1,5 persen hingga 3,5 persen.

"Tren inflasi Indonesia dalam 10 terakhir menurun dan terkendali rendah, bahkan termasuk yang terendah di dunia pada saat ini," kata Perry dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024 dan TPID Award, Jumat (14/6).

Perry menjelaskan, rendahnya angka inflasi nasional didukung oleh eratnya sinergi pengendalian inflasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Serta konsistensi kebijakan BI dalam koordinasi erat Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah, termasuk Gerakan nasional (GNPIP) yg secara massal di berbagai daerah.

BI memproyeksi inflasi di sisa tahun 2024 hingga 2025 akan terus terjaga di target kisaran 1,5 persen hingga 3,5 persen. Menurutnya, inflasi yang rendah merupakan satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami memperkirakan inflasi di sisa 2024 ini dan tahun 2025 akan tetap terkendali rendah dalam kisaran 2,5 persen plus minus 1 persen," ungkapnya.

"Kami menghaturkan apresiasi yang sebesar-besarnya ke presiden atas konsistensi kepemimpinan dan arah inspirasi terobosan kebijakan serta dorongan sinergi pengendalian inflasi," pungkas Perry.

Media files:
01hsdbqnd3z2sn9924f18f3m8q.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts