Search This Blog

Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih? Ini Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih? Ini Penjelasannya
Jun 4th 2024, 20:42, by Perawatan Pria, Perawatan Pria

Ilustrasi Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih. Foto: dok. Unsplash/Rodri Caruso
Ilustrasi Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih. Foto: dok. Unsplash/Rodri Caruso

Apakah pria boleh pakai emas putih? Pertanyaan ini banyak dibahas khususnya di kalangan pria yang akan menikah. Hal ini disebabkan sebagian cincin nikah mengandung emas putih.

Maka dari itu, banyak yang mempertanyakan mengenai kebolehan penggunaan bahan emas putih bagi pria. Hukum penggunaan emas ini dijelaskan dalam beberapa dalil hadis.

Penjelasan Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih

Ilustrasi Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih. Foto: dok. Unsplash/Antonio Uquiche
Ilustrasi Apakah Pria Boleh Pakai Emas Putih. Foto: dok. Unsplash/Antonio Uquiche

Dalam Islam, umat muslim diwajibkan untuk mengikuti perintah dan menjauhi larangan yang diberikan Allah Swt. maupun Nabi Muhammad Saw. Salah satu larangan yang berlaku di kalangan umat muslim adalah larangan bagi kaum pria mengenakan aksesori atau barang berbahan emas.

Mengutip dari dalam buku berjudul Panduan A-Z Memahami Al-Qur'an, Mokhtar Stork (2013: 112), sunah dari Nabi Muhammad Saw. melarang pria untuk memakai emas dan sutra. Larangan mengenai penggunaan emas bagi pria dibahas dalam sebuah hadis berikut ini.

عَنْ أَبِي مُوسَى أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
Artinya: "Dari Abu Musa, Rasulullah Saw. bersabda, 'Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku, namun diharamkan bagi para pria'." (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392.)

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa Nabi Muhammad Saw. melarang kaum pria menggunakan emas dan sutra. Pria yang memakai emas dan sutra saat di dunia diancam tidak akan mendapatkannya di akhirat. Akan tetapi wanita diperbolehkan untuk menggunakan emas dan sutera sebagai perhiasan.

Adanya larangan penggunaan emas bagi pria menimbulkan pertanyaan, apakah pria boleh pakai emas putih? Beberapa ulama berpendapat bahwa cincin yang terbuat dari kombinasi emas, tembaga, dan kuningan dapat dipakai sebab kandungan emasnya tidak berarti jika dibandingkan dengan kandungan logam lainnya.

Namun begitu, terdapat pula beberapa ulama yang meyakini bahwa tidak boleh ada emas sama sekali dalam cincin yang digunakan pria. Alangkah lebih baiknya untuk berhati-hati sebaiknya pria menghindari menggunakan emas atau bahkan sesuatu yang mengandung emas meski kadar emasnya sedikit.

Baca juga: Bacaan Ijab Kabul Pengantin Pria saat Akad Nikah secara Islam

Penjelasan apakah pria boleh pakai emas putih yang disajikan dalam artikel ini dapat membantu umat muslim dalam memilah cincin nikah yang akan digunakannya. (DAP)

Media files:
01hzharcpqajxvb15qfzvx88qz.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts