Search This Blog

Tiga Orang yang Doanya Mustajab dalam Agama Islam beserta Dalilnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tiga Orang yang Doanya Mustajab dalam Agama Islam beserta Dalilnya
May 21st 2024, 18:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tiga Orang yang Doanya Mustajab. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan
Ilustrasi Tiga Orang yang Doanya Mustajab. Foto: dok. Unsplash/Masjid Pogung Dalangan

Sebutkan tiga orang yang doanya mustajab! Soal ini merupakan materi yang dibahas dalam mata pelajaran Agama Islam! Dalam materi ini, siswa diajarkan mengenai orang-orang yang doanya tidak akan ditolak oleh Allah.

Adanya tiga orang yang doanya mustajab ini dibahas dalam berbagai dalil, khususnya hadis. Salah satu hadis yang membahasnya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud. Selain itu, masih ada beberapa hadis yang membahas orang yang doanya diijabah Allah.

Tiga Orang yang Doanya Mustajab beserta Dalil yang Membahasnya

Ilustrasi Tiga Orang yang Doanya Mustajab. Foto: dok. Unsplash/Aldin Nasrun
Ilustrasi Tiga Orang yang Doanya Mustajab. Foto: dok. Unsplash/Aldin Nasrun

Doa merupakan ibadah yang diperintahkan untuk dikerjakan bagi umat muslim. Dalam agama Islam, terdapat beberapa orang yang doanya dikenal selalu diijabah oleh Allah. Sebutkan tiga orang yang doanya mustajab!

Mengutip dari buku berjudul Doa-Doa Mustajab Orang Tua untuk Anaknya, Aulia Fadhli (2017: 37), orang yang sedang dalam puncak kesusahan maka doanya akan diijabah oleh Allah, jika orang tersebut benar-benar meminta dan berdoa kepada Allah. Hal ini berlaku juga bagi orang yang terzalimi.

Orang yang terzalimi termasuk salah satu orang yang doanya mustajab. Sesuai dengan yang disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Muhammad saw. bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ
Artinya: "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad)

Berdasarkan hadis tersebut dapat diketahui bahwa tiga orang yang doanya mustajab adalah orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, serta orang yang dizalimi.

Selain dalil tersebut, terdapat pula dalil lainnya yang membahas tentang orang-orang yang doanya mustajab. Berdasarkan hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ
Artinya: "Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizalimi." (HR. Abu Daud no. 1536)

Sedikit berbeda dari hadis sebelumnya, menurut hadis yang diriwayatkan Abu Daud, tersebut, orang yang doanya mustajab adalah doa orang tua untuk anaknya, doa orang yang sedang bepergian jauh, dan doa orang yang sedang dizalimi.

Baca juga: Doa Sholat Tahajud yang Mustajab

Demikian penjelasan mengenai sebutkan tiga orang yang doanya mustajab yang dipelajari dalam agama Islam beserta dalil yang membahasnya. Semoga bermanfaat. (DAP)

Media files:
01hydasya2nj8z9gf5d6sjg5e0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar