Search This Blog

7 Peranan Penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
7 Peranan Penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia
May 16th 2024, 17:58, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Peranan penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia, sumber: unsplash/Gregory
Ilustrasi Peranan penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia, sumber: unsplash/Gregory

Peranan penting pertanian untuk masyarakat Indonesia sangat besar. Pekerjaan ini tidak bisa disepelekan karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Tanpa adanya petani, masyarakat akan kelaparan karena tidak ada persediaan makanan dari tumbuhan. Oleh karena itu, penting sekali menyadari peranan pertanian untuk masyarakat.

Peranan Penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia

Ilustrasi Peranan penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia, sumber: unsplash/EkaAmdela
Ilustrasi Peranan penting Pertanian untuk Masyarakat Indonesia, sumber: unsplash/EkaAmdela

Pertanian tidak hanya berperan dari segi ekonomi, tetapi juga sosial dan budaya. Adapun peranan penting pertanian untuk masyarakat Indonesia yakni sebagai berikut:

1. Sumber Pendapatan dan Pekerjaan

Mengutip buku Perencanaan Desa Terpadu oleh gunawan Prayitno (2022), pertanian merupakan sumber mata pencaharian utama bagi mayoritas penduduk Indonesia, khususnya di pedesaan.

Selain menciptakan lapangan kerja untuk jutaan petani, pertanian juga menyediakan lapangan kerja di sektor terkait, seperti distribusi, pemasaran, dan pengolahan hasil pertanian.

2. Sumber Pangan Utama

Pertanian merupakan tulang punggung penyedia pangan bagi masyarakat Indonesia. Mengingat, sebagian besar bahan pangan pokok berasal dari sektor pertanian.

Sebut saja beras, jagung, tebu, sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah. Oleh karena itu, ketahanan pangan nasional sangat bergantung pada produksi pertanian.

3. Penggerak Ekonomi Nasional

Pertanian turut berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Hasil pertanian seperti beras, karet, kopi, kelapa sawit, dan kakao merupakan komoditas ekspor utama yang menyumbang devisa untuk negara.

4. Pengelolaan Sumber Daya Alam

Pertanian juga berperan penting dalam pengelolaan sumber daya alam. Praktik pertanian yang efektif tentu akan membantu melestarikan air, tanah, dan keanekaragaman hayati.

5. Sumber Bahan Baku Industri

Tidak sedikit industri di Indonesia yang bergantung pada produk pertanian untuk menyediakan bahan baku. Contohnya, industri makanan atau minuman, kertas, dan tekstil yang membutuhkan hasil pertanian dalam proses produksinya.

6. Stabilisasi Sosial dan Politik

Pertanian juga berkontribusi pada stabilitas sosial dan politik. Saat masyarakat dapat mengakses bahan pangan dengan baik dan sumber pendapatan memadai, maka tingkat kemiskinan juga bisa ditekan.

7. Kontribusi terhadap Pembangunan Daerah

Pertanian turut mendorong pembangunan daerah, utamanya wilayah pedesaan. Pembangunan infrastruktur, seperti irigasi, jalan, dan fasilitas lainnya dapat meningkatkan kualitas hidup dan aksesibilitas di pedesaan.

Baca juga: Dampak Alih Fungsi Lahan Pertanian menjadi Pemukiman bagi Produktivitas Pangan

Peranan penting pertanian untuk masyarakat Indonesia sangat banyak. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas bagi berbagai pemangku kebijakan untuk memberikan kemudahan bagi para petani dalam menjalankan roda profesinya. (DLA)

Media files:
01hy0757p28bynwtkyng7p1zkw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar