Search This Blog

Alasan Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif daripada Jenis Lainnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif daripada Jenis Lainnya
Feb 5th 2024, 20:26, by Berita Terkini, Berita Terkini

Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif, Sumber Unsplash Dennis Maliepaard
Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif, Sumber Unsplash Dennis Maliepaard

Iklan adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia. Teks ini bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Bila diperhatikan, teks tersebut memiliki sifat lebih persuasif dari jenis lainnya. Lantas, mengapa dalam teks iklan lebih bersifat persuasif?

Alasan ini perlu diketahui oleh para pembuat iklan sehingga orang-orang tersebut bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Selain itu, masyarakat umum juga bisa mengetahuinya untuk meningkatkan wawasan.

Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif?

Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif, Sumber Unsplash Fredrick Suwandi
Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif, Sumber Unsplash Fredrick Suwandi

Menurut buku Konsumen dalam Perspektif Pendidikan, Prof. Dr. Dina Ampera, M.Si, dkk (2023: 96), secara umum iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media.

Banyak iklan yang mengandung teks tertentu. Ada juga iklan yang memang hanya berupa teks. Teks inipun memiliki sifat lebih persuasif jika dibandingkan dengan jenis teks lainnya. Lalu, mengapa dalam teks iklan lebih besifat persuasif?

Sifat persuasif dalam teks iklan ini tak lepas dari tujuan pembuatannya, yaitu untuk membujuk audiens yang melihatnya untuk melakukan sesuatu. Contohnya adalah membeli produk, menggunakan jasa, atau melakukan hal tertentu lainnya.

Tentu tujuan tersebut tak bisa tercapai jika tidak ada strategi khusus yang dilakukan. Maka dari itu, teks bersifiat persuasif dibutuhkan sehingga audiens mau melihat iklan dan melakukan apa yang diinginkan oleh pembuatnya.

Jenis-Jenis Iklan

Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif, Sumber Unsplash Dennis Maliepaard
Mengapa dalam Teks Iklan Lebih Bersifat Persuasif, Sumber Unsplash Dennis Maliepaard

Iklan bisa dibedakan menjadi berbagai jenis berdasarkan isi, tujuan, dan medianya. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Berdasarkan Isi

  • Pengumuman, yaitu iklan yang berisi ajakan atau himbauan untuk melakukan sesuatu

  • Penawaran, yaitu iklan yang berisi penawaran tentang suatu jasa atau produk

  • Permintaan, yaitu iklan yang berisi spesifik dan ditujukan pada segelintir orang

2. Berdasarkan Tujuan

  • Non komersial, yakni iklan yang bertujuan untuk memberi himbauan atau edukasi

  • Komersial, yakni iklan yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan

Baca juga: 5 Contoh Iklan Non Komersial yang Berisi Pesan Layanan Masyarakat

3. Berdasarkan Media

  • Iklan di media elektronik seperti televise dan internet

  • Iklan di media cetak seperti majalah dan koran

Jadi, mengapa dalam teks iklan bersifat persuasif? Jawabannya adalah agar audiens mau melakukan sesuatu seperti yang diinginkan oleh pembuat iklan. (LOV)

Media files:
01hnwpznkxrfkp49xy4ev3ezxy.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar