Search This Blog

Latar Belakang Kemunduran Peradaban Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Latar Belakang Kemunduran Peradaban Islam
Jan 25th 2024, 21:59, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan latar belakang kemunduran peradaban islam. Sumber: md mahdi/unsplash
Ilustrasi jelaskan latar belakang kemunduran peradaban islam. Sumber: md mahdi/unsplash

Ada sebuah pertanyaan yang meminta untuk jelaskan latar belakang kemunduran peradaban Islam. Pertanyaan seperti ini biasanya muncul pada materi mata pelajaran agama Islam untuk jenjang SMA/MA.

Periode pertengahan menjadi awal kemunduran peradaban Islam. Kemunduran peradaban Islam diperparah dengan hancurnya dinasti kekhalifahan karena sistem peralihan kekuasaan yang tidak jelas.

Jelaskan Latar Belakang Kemunduran Peradaban Islam! Ini Uraian Jawabannya

Ilustrasi jelaskan latar belakang kemunduran peradaban islam. Sumber: henry hustava/unsplash
Ilustrasi jelaskan latar belakang kemunduran peradaban islam. Sumber: henry hustava/unsplash

Pada periode pertengahan, pola pikir umat Islam masih terjebak pada masalah-masalah keagamaan. Saat itu, umat Islam belum mengarah pada perkembangan ilmu pengetahuan walaupun sudah ada beberapa ilmuwan Islam yang muncul.

Doktrin-doktrin Islam yang menutup pintu ijtihad dalam bidang pendidikan membuat umat Islam mulai tertinggal. Padahal dalam perkembangan peradaban, umat dituntut untuk siap menghadapi perkembangan zaman.

Selain itu, bangsa Barat justru semakin bangkit dari keterpurukan dan mulai mengalami kemajuan. Bidang sains, teknologi dan pada akhirnya bidang politik membuat dinasti kekhalifahan atau kesultanan Islam kalah.

Jelaskan latar belakang kemunduran peradaban Islam! Kemunduran ini diawali pada sekitar tahun 1250 M. Saat itu Baghdad merupakan pusat dari peradaban Islam, dinasti khalifah Bani Abbasiyah masih memimpin umat Islam.

Pada tahun 1528, Baghdad diserang oleh tentara Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan. Penyerangan yang membuat hancur dinasti kekhalifahan menimbulkan rentetan kejadian mundurnya peradaban Islam di kemudian hari.

Faktor Penyebab Kemunduran Islam

Ilustrasi Jelaskan Latar Belakang Kemunduran Peradaban Islam, Sumber Unsplash Ache Dipro
Ilustrasi Jelaskan Latar Belakang Kemunduran Peradaban Islam, Sumber Unsplash Ache Dipro

Menurut buku Kemunduran dan Gerakan Pembaruan Islam, Rina Dian Rahmawati, M.Pd.I., dkk (2023), ada tiga faktor yang menjadi penyebab kemunduran Islam. Berikut penjelasannya

  1. Tidak adanya ideologi pemersatu. Seringnya merusak perdamaian oleh kelompok etnis non-Arab karena salah dalam pemberian dan penggunaan istilah pada para mukalaf.

  2. Permasalahan ekonomi. Terjadi kemrosotan perekonomian yang disebabkan oleh gencarnya mengembangkan ilmu pengetahuan dari pada bidang perekonomian yang berpengaruh terhadap bidang militer dan politik.

  3. Sistem peralihan kekuasaan yang tidak jelas. Seringnya terjadi perebutan kekuasaan oleh para ahli waris sehingga peralihan kekuasaan menjadi tidak jelas.

Selain tiga faktor diatas, ada beberapa faktor yang memperparah kemunduran peradaban Islam seperti:

  1. Adanya perang salib.

  2. Faktor ekologis di negara Islam yang wilayahnya cenderung gersang.

  3. Perdagangan Islam internasional yang mengalami kelesuan karena mayoritas mulai dikuasai bangsa Barat.

Baca Juga: Awal Melemahnya Kekuatan Politik dan Peradaban Islam

Demikian uraian jawaban atas pertanyaan yang meminta untuk jelaskan latar belakang kemunduran peradaban Islam. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengingat kembali materi agama Islam di sekolah.

(ARD)

Media files:
01hmzack6dj0eck438h53pm14t.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar