Search This Blog

Sifat-Sifat Kutub Magnet dalam Pembelajaran Fisika

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sifat-Sifat Kutub Magnet dalam Pembelajaran Fisika
Nov 11th 2023, 18:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan sifat-sifat kutub magnet, sumber foto: unsplash.com/Dan Cristian Pădureț
Ilustrasi jelaskan sifat-sifat kutub magnet, sumber foto: unsplash.com/Dan Cristian Pădureț

Jelaskan sifat-sifat kutub magnet! Magnet adalah benda yang mampu menarik benda lain yang terbuat dari bahan besi atau barang-barang yang memiliki sifat magnetik.

Magnet memiliki dua kutub. Masing-masing kutub magnet memiliki sifat tertentu. Sifat inilah yang pada akhirnya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Jelaskan Sifat-sifat Kutub Magnet! Ini Jawabannya

Ilustrasi jelaskan sifat-sifat kutub magnet, sumber foto: unsplash.com/Mika Baumeister
Ilustrasi jelaskan sifat-sifat kutub magnet, sumber foto: unsplash.com/Mika Baumeister

Magnet berasal dari kata Yunani "magnetis lithos" yang artinya "batu Magnesia" atau "Lodestone". Batu ini pertama kali ditemukan oleh seorang penggembala bernama Magnes sekitar 4000 tahun lalu di daerah Yunani Utara.

Saat itu, ia merasakan bahwa ujung tongkatnya menempel kuat pada sebuah batu hitam besar. Ternyata, batu tersebut mengandung bahan Fe3O4, yang dikenal dengan nama magnetit.

Jelaskan sifat-sifat kutub magnet! Berikut ini adalah penjelasan mengenai sifat-sifat magnet dikutip dari buku Cerdas Sains Kelas 4-6 SD karya Yulian Setyaningtyas, (2007).

  1. Magnet hanya menarik benda tertentu yang ada di sekitarnya. Tidak semua jenis benda bisa ditarik oleh magnet meski berada dalam jangkauannya. Benda yang bisa ditarik oleh magnet harus terbuat dari besi, baja, atau logam-logam tertentu lainnya.

  2. Gaya magnet dapat menembus benda. Artinya, magnet bisa menarik benda logam yang tertutup oleh benda lain, misalnya kertas, plastik, kayu, dan sebagainya.

  3. Magnet mempunyai dua kutub, yakni kutub utara (N) dan kutub selatan (S). Kutub magnet adalah ujung-ujung magnet yang memiliki gaya tarik atau gaya tolak terbesar. Ketika dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan saling tolak-menolak. Sebaliknya, ketika dua kutub yang berlawanan saling didekatkan, maka akan saling tarik-menarik.

  4. Medan magnet adalah ruang di sekitar magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet akan semakin rapat jika didekatkan dengan magnet. Medan magnet biasanya digambarkan dengan garis-garis gaya yang keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan.

  5. Sifat kemagnetan dapat melemah atau hilang karena hal tertentu, seperti sering jatuh, terbakar, dipukul-pukul, atau dipanaskan. Untuk mengembalikan sifat kemagnetan, magnet bisa digosok-gosok dengan magnet lain atau dialiri arus listrik.

Berdasarkan pemaparan tersebut bisa disimpulkan bahwa magnet adalah benda yang mampu menarik benda lain yang terbuat dari bahan besi atau barang-barang yang memiliki sifat magnetik.

Baca juga: Panduan Cara Kerja Bimetal dan Contohnya dalam Ilmu Fisika

Apabila mendapatkan perintah jelaskan sifat-sifat kutub magnet, uraian di atas dapat dijadikan jawaban. Sifat-sifat yang dimiliki magnet tersebut membuat magnet menjadi salah satu benda yang diperlukan dalam kehidupan. (WWN)

Media files:
01heyesrhtaja62hzm8a0v526f.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar