Search This Blog

Arti dan Cara Meneladani Al-Khabir

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Arti dan Cara Meneladani Al-Khabir
Oct 1st 2023, 20:46, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Cara Meneladani Al-Khabir. Sumber: Unsplash/Ryunosuke Kikuno
Ilustrasi Cara Meneladani Al-Khabir. Sumber: Unsplash/Ryunosuke Kikuno

Al-Khabir merupakan salah satu Asmaul Husna yang artinya harus diketahui dan harus bisa diteladani oleh semua umat Islam. Cara meneladani Al-Khabir adalah dengan memelihara diri sendiri.

Asmaul Husna merupakan nama yang menggambarkan keindahan dan juga sifat-sifat Allah Swt. Asmaul Husna ini ada di dalam Al-Quran dan umat Islam diwajibkan untuk memahaminya.

Memahami Arti dan Dalil tentang Al-Khabir

Ilustrasi Cara Meneladani Al-Khabir. Sumber: Unsplash/Chuttersnap
Ilustrasi Cara Meneladani Al-Khabir. Sumber: Unsplash/Chuttersnap

Mengutip dari Sembuh Total dengan Wirid Asmaul Husna, Aizid (2016:139), Al-Khabir adalah sifat Allah Swt. yang memiliki dua arti, yaitu Maha Mengetahui dan Maha Teliti. Sebagai Maha Teliti, Allah Swt. menciptakan seluruh makhluk-Nya dengan sangat teliti dan tanpa ada kesalahan sedikit pun.

Allah Swt. juga menciptakan begitu banyak makhluk yang semuanya mampu untuk menjalankan fungsinya masing-masing sesuai dengan kehendak-Nya. Sebagai Maha Mengetahui, Allah Swt. mengetahui semua hal yang dikerjakan oleh makhluk ciptaan-Nya.

Asmaul Husna Al-Khabir telah dijelaskan pada beberapa ayat Al-Quran. Beberapa ayat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Surah Al-Hujurat Ayat 13

"...Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti."

2. Surah an-Nisa Ayat 135

"...Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan."

Cara Meneladani Al-Khabir

Ilustrasi Cara Meneladani Al-Khabir. Sumber: Unsplash/Debby Hudson
Ilustrasi Cara Meneladani Al-Khabir. Sumber: Unsplash/Debby Hudson

Cara meneladani Al-Khabir adalah dengan memelihara dan mengetahui diri sendiri. Memelihara diri sendiri maksudnya adalah seseorang diharuskan untuk mengenal siapa dirinya sesungguhnya, sadar dengan hawa nafsu dirinya, dan mampu untuk membedakan mana bisikan kebaikan (malaikat) serta bisikan setan (keburukan).

Dengan memelihara diri sendiri, setiap orang akan lebih waspada dalam melakukan segala tindakan. Adapun mengetahui diri sendiri berarti mampu untuk menyadari diri sendiri. Sejatinya, manusia adalah hamba Allah Swt. dan juga makhluk yang lemah.

Nasib setiap manusia ada pada kemurahan dan kebaikan Allah Swt. Oleh karena itu, sudah sewajarnya umat manusia selalu membutuhkan Allah Swt.

Setiap Asmaul Husna, termasuk Al-Khabir, wajib untuk diteladani. Umat Islam hendaknya selalu berusaha untuk menjauhkan diri dari segala perbuatan dosa, sekecil apa pun dosa tersebut. Allah Swt. Maha Teliti dan Maha Mengetahui sehingga segala perbuatan manusia tidak ada yang luput dari-Nya.

Baca juga: Manfaat dari Meneladani Asmaul Husna Al Akhir

Jadi, cara meneladani Al-Khabir adalah dengan memelihara dan mengetahui diri sendiri. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat. (KRIS)

Media files:
01hbmznqxkm28mc012jsgyxqre.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar