Search This Blog

5 Alasan Wilayah Kota Memiliki Unsur Keanekaragaman

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Alasan Wilayah Kota Memiliki Unsur Keanekaragaman
Oct 21st 2023, 18:14, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?. Sumber foto: Unsplash/Ben O Bro
Ilustrasi Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?. Sumber foto: Unsplash/Ben O Bro

Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman? Sebagai sebuah melting pot tempat bertemunya beragam karakter manusia, keadaan di kota tentu lebih berwarna.

Di kota, penduduknya lebih heterogen. Masyarakatnya bercampur-baur dari beragam budaya, adat-istiadat, suku bangsa, profesi, dan lain-lain. Oleh karena itu, tidak ada kota yang isinya seragam, pasti jauh lebih beragam.

Mengapa Wilayah Kota Memiliki Unsur Keanekaragaman?

Ilustrasi Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?. Sumber foto: Unsplash/Andreas Bucker
Ilustrasi Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?. Sumber foto: Unsplash/Andreas Bucker

Dikutip dari buku Ekologi Perairan Tropis, Husain L (2019: 76), sedikit atau banyaknya keanekaragaman spesies suatu organisme dilihat dengan indeks keanekaragaman. Indeks tersebut yaitu nilai yang menunjukkan keseimbangan keanekaragaman.

Keseimbangan tersebut dilihat darisuatu pembagian jumlah individu tiap spesies. Indeks keanekaragaman mempunyai nilai terbesar jika semua individu berasal dari spesies yang berbeda-beda. Sedangkan nilai terkecil didapat jika semua individu berasal dari satu spesies saja.

Keberagaman yang menjadi ciri masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh letak strategis, kepulauan, kondisi alam, serta faktor transportasi dan komunikasi.

Penting bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memahami keragamannya. Berikut jawaban atas pertanyaan, "Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?".

  1. Jumlah penduduk kota bisa bervariasi dari kota ke kota, dari beberapa ribu hingga jutaan orang.

  2. Karakteristik penduduk kota lebih individualis dan realis, karena masyarakat kota lebih heterogen yang berasal dari berbagai daerah dan latar belakang.

  3. Mata pencarian adalah pekerjaan atau pencarian utama yang dikerjakan untuk biaya hidup sehari-hari. Masyarakat kota memiliki mata pencarian yang lebih variatif dan juga mengikuti perkembangan zaman.

  4. Infrastruktur atau prasarana merupakan segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terlaksanakannya suatu usaha. Biasanya memiliki berbagai jenis bangunan seperti apartemen, rumah-rumah, gedung perkantoran, dan industri.

  5. Kota menjadi pusat kegiatan ekonomi dan bisnis di suatu wilayah.

Sikap terhadap perubahan nilai dan budaya menjadi salah satu alasan yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan, faktor-faktor yang berbeda ini menciptakan negara Indonesia yang majemuk dengan keunikannya tersendiri.

Baca juga: Alasan Makhluk Hidup Memerlukan Nutrisi dalam Jumlah yang Banyak

Itulah jawaban atas pertanyaan, "Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?". Dengan pengetahuan tersebut diharapkan seluruh masyarakat dapat lebih menghormati dan menghargai perbedaan, sehingga rasa toleransinya semakin kuat. (Gin)

Media files:
01hd8t634the0jmjpw0wqr4ygf.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts