Search This Blog

Memahami Arti Disabilitas dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Indonesia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Memahami Arti Disabilitas dan Contoh Kalimat dalam Bahasa Indonesia
Sep 28th 2023, 17:44, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Arti Disabilitas. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Arti Disabilitas. (Sumber: Pixabay)

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti disabilitas adalah sebuah keadaan (seperti sakit atau cedera) manusia yang bersifat merusak atau memberi batasan pada kemampuan yang dimiliki manusia baik mental dan fisik. Pengertian disabilitas juga dijabarkan secara hukum di Indonesia.

Pada Undang-undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 1 Ayat 1 juga mendefinisikan bahwa "penyandang disabilitas merupakan individu yang mengalami sebuah keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik dalam jangka waktu yang lama di mana dalam berinteraksi dengan lingkungannya mengalami sebuah hambatan atau kesulitan untuk bisa berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan masyarakat berdasarkan kesamaan hak".

Arti Disabilitas Menurut KBBI

Ilustrasi Arti Disabilitas. (Sumber: Pixabay)
Ilustrasi Arti Disabilitas. (Sumber: Pixabay)

Pemahaman arti sebuah kata tentunya juga dapat membantu untuk menggunakan kata tersebut dalam tulisan maupun lisan. Dikutip dari buku Cara Mudah UN 08 B. Ing SMP, Tim Matrix Media Literata, lemahnya penguasaan kosakata dapat menjadi hambatan dalam memahami suatu konteks kalimat dalam suatu bahasa.

Berikut adalah contoh kalimat menggunakan kata disabilitas dalam bahasa Indonesia agar lebih paham:

  • Dia memiliki disabilitas fisik yang membuatnya mengalami kesulitan berjalan.

  • Program ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas bagi orang-orang dengan disabilitas.

  • Kehidupan para disabilitas hingga kini mulai menjadi perhatian di tengah-tengah masyarakat.

  • Besarnya perhatian terhadap kondisi baik fisik, sosial, dan ekonomi para disabilitas turut berperan dalam meningkatkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan hidup di lingkungan masyarakat umum.

  • Masih terdapat sebagian masyarakat yang kurang paham mengenai kondisi disabilitas.

  • Setiap tahun masyarakat memperingati Hari Difabel Internasional untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan yang terkait dengan kehidupan penyandang disabilitas, serta guna meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraannya.

Bahasa berperan penting dalam kehidupan di segala aspek kehidupan. Adapun pembelajaran bahasa selalu diterapkan di setiap tingkat pendidikan. Hal tersebut dikarenakan bahasa adalah alat komunikasi untuk mengungkapkan suatu hal.

Baca juga: Arti Wirausaha dan Ciri-Cirinya

Cara efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata dalam penggunaan bahasa adalah dengan banyak membaca dan juga melatihnya dalam bentuk tulisan dan percakapan. Demikian penjelasan mengenai arti disabilitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan! (CHL)

Media files:
01hbdj9696nrrtm0jxdm5xxz19.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar