Search This Blog

Bek Wolves Handball, Kenapa MU Tak Dihadiahi Penalti? Ini Aturannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bek Wolves Handball, Kenapa MU Tak Dihadiahi Penalti? Ini Aturannya
Aug 15th 2023, 05:01, by Katondio B. Wedya, kumparanBOLA

Nelson Semedo diapit Mason Mount dan Casemiro saat laga Manchester United vs Wolves dalam pekan perdana Liga Inggris 2023/24 di Old Trafford pada Selasa (15/8) dini hari WIB. Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff
Nelson Semedo diapit Mason Mount dan Casemiro saat laga Manchester United vs Wolves dalam pekan perdana Liga Inggris 2023/24 di Old Trafford pada Selasa (15/8) dini hari WIB. Foto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff

Manchester United (MU) menumbangkan Wolves dengan skor 1-0 dalam laga pekan perdana Liga Inggris 2023/24 di Old Trafford pada Selasa (15/8) dini hari WIB. Ada momen bek tim tamu, Nelson Semedo, melakukan handball tetapi tidak dianggap pelanggaran.

Itu terjadi di menit 38. Aaron Wan-Bissaka melepas umpan silang, bola ditanduk Marcus Rashford dan mengenai tangan Semedo.

Wasit Simon Hooper lalu mengecek VAR untuk melihat potensi penalti untuk MU. Kemudian, keputusannya tidak ada penalti.

Ini boleh jadi dianggap sebagai kontroversi. Namun, simak dulu aturan terkait handball berikut ini.

Handball berdasarkan Laws of the Game IFAB. Foto: IFAB
Handball berdasarkan Laws of the Game IFAB. Foto: IFAB

Aturan handball dalam permainan sepak bola diatur dalam Pasal 12 Laws of the Game 2023/24 yang dirilis IFAB. Dijelaskan, untuk keperluan menentukan pelanggaran handball, patokannya batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak. Plus, tidak setiap sentuhan tangan/lengan pemain terhadap bola merupakan pelanggaran.

Bola kena tangan bisa dianggap pelanggaran jika si pemain:

  • Menyentuh bola dengan tangan/lengan secara sengaja, misalnya menggerakkan tangan/lengan ke arah bola.

  • Menyentuh bola dengan tangan/lengannya yang membuat tubuhnya menjadi lebih besar secara tidak wajar. Pemain dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar secara tidak wajar ketika posisi tangan/lengannya bukan merupakan konsekuensi dari, atau dapat dibenarkan oleh, gerakan tubuh pemain untuk situasi tertentu. Dengan menempatkan tangan/lengan mereka dalam posisi seperti itu, pemain mengambil risiko tangan/lengan mereka terkena bola dan dihukum.

Dalam kasus Nelson Semedo, besar kemungkinan wasit melihat hal itu dalam dua sudut pandang. Pertama, eks bek Barcelona itu dinilai tidak menyentuh bola dengan menggerakkan tangannya ke arah bola.

Kemudian, pertimbangan kedua adalah bola mengenai tangan Semedo ketika posisi tangannya masih menempel dengan badannya. Sebab, posisi tangannya tampak berada dekat dada dan tidak terlihat dijulurkan. Dengan begitu, wasit boleh jadi menilai bahwa Semedo tidak membuat tubuhnya menjadi lebih besar dan tidak wajar dengan posisi tangannya itu.

Atau bisa juga karena wasit menilai Semedo tak punya waktu cukup untuk menghindarkan tangannya. Sebab, bola itu mengenai tangan Semedo usai disundul Rashford. Wasit dan petugas VAR bisa saja menganggap sundulan itu terlalu dekat dengan Semedo, sehingga dia tidak punya waktu untuk bereaksi.

Media files:
01h7twbt86jq6t47rmnbng37zb.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar