Search This Blog

Instrumen Moneter BI Laris Manis, SRBI Terjual Rp 918 Triliun

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Instrumen Moneter BI Laris Manis, SRBI Terjual Rp 918 Triliun
Sep 18th 2024, 20:57, by Muhammad Darisman, kumparanBISNIS

Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampikan laporan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2024 di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (30/1/2024).  Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampikan laporan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2024 di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (30/1/2024). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, tengah mengoptimalisasi instrumen moneter pro-market, yaitu SRBI, SVBI, dan SUVBI. Hal ini dilakukan dalam rangka penguatan stabilitas nilai tukar rupiah dan pencapaian sasaran inflasi.

"Kebijakan ini juga dimaksudkan untuk mempercepat upaya pendalaman pasar uang dan pasar valas serta mendorong aliran masuk modal asing ke dalam negeri," kata Perry dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (19/8).

Hingga 17 September 2024, posisi instrumen SRBI, SVBI, dan SUVBI masing-masing tercatat sebesar Rp 918,42 triliun, 2,95 miliar dolar AS, dan 280 juta dolar AS.

"Penerbitan SRBI telah mendukung upaya peningkatan aliran masuk portofolio asing ke dalam negeri dan penguatan nilai tukar rupiah," ungkap Perry.

Perry menyebut, kepemilikan nonresiden dalam SRBI mencapai Rp 246,08 triliun atau 26,79 persen dari total outstanding.

Di samping itu, implementasi Primary Dealer (PD) sejak Mei 2024 juga semakin meningkatkan transaksi SRBI di pasar sekunder dan repurchase agreement (repo) antarpelaku pasar. Sehingga memperkuat efektivitas instrumen moneter dalam stabilisasi nilai tukar rupiah dan pengendalian inflasi.

"Ke depan, Bank Indonesia terus mengoptimalkan berbagai inovasi instrumen pro-market, baik dari sisi volume maupun sisi daya tarik imbal hasil, dan didukung kondisi fundamental ekonomi domestik yang kuat, untuk mendorong berlanjutnya aliran masuk portofolio asing ke pasar keuangan domestik," pungkasnya.

Media files:
01hncn7aa5d8ahc0dpyn8r6y3a.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar