Search This Blog

Mengenal 9 Arti Lampu Indikator Honda Stylo 160

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal 9 Arti Lampu Indikator Honda Stylo 160
Jun 5th 2024, 09:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO

Detail motor skutik Honda Stylo 160. Foto: dok. Astra Honda Motor
Detail motor skutik Honda Stylo 160. Foto: dok. Astra Honda Motor

Honda Stylo 160 yang meluncur di Indonesia mengusung konsep retro-modern, sama seperti saudaranya, Honda Scoopy. Ada banyak sentuhan dan penyematan fitur yang membuatnya tampil modern.

Salah satunya panel meter yang seluruhnya sudah digital. Informasinya lengkap mencakup indikator bensin, penunjuk kecepatan, hingga konsumsi bahan bakar. Di bagian atas, saat motor dinyalakan akan muncul sederet lampu indikator dengan simbol yang berbeda.

Detail motor skutik Honda Stylo 160. Foto: dok. Astra Honda Motor
Detail motor skutik Honda Stylo 160. Foto: dok. Astra Honda Motor

Lampu indikator itu punya fungsi untuk memberikan informasi kepada pemiliknya. Ada juga indikator yang berfungsi untuk memberitahukan apabila motor mengalami masalah.

Agar lebih jelas ketika ada indikator yang menyala saat digunakan, Kepala Mekanik dari Honda Bintang Cinere Anwar menjelaskan arti dari setiap indikator di motor tersebut.

1. Indikator ABS

Simbol rem ABS Foto: dok. Mentalfloss
Simbol rem ABS Foto: dok. Mentalfloss

Di sektor keamanan, motor ini sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS). Pada kondisi normal, indikator ini hanya menyala saat posisi kontak ON. Sedangkan ketika posisi ON tapi indikator tidak menyala, berarti ada masalah pada sistem ABS-nya.

"Bila indikator ini menyala dan berkedip saat digunakan berarti ada masalah di sistem ABS. Baiknya dibawa ke bengkel AHASS agar bisa dicek masalahnya," ujarnya kepada kumparan beberapa waktu lalu.

2. Indikator bulatan merah

Honda Stylo 160 juga sudah dibekali dengan Smart Key dan dilengkapi alarm. Ketika fungsi alarm aktif, indikatornya ada di sisi kiri dan akan berkedip warna merah.

3. Indikator kunci dan sinyal

Indikator ini menunjukkan bahwa Honda Stylo 160 yang dilengkapi Smart Key. Saat motor dinyalakan indikator ini juga menyala, berarti Smart Key-nya sudah terhubung dengan motor.

"Kalau indikator ini berkedip ada kemungkinan Smart Key tidak dalam jangkauan, bisa hilang atau tertinggal. Selain itu bisa juga baterai di Smart Key sudah habis," pungkasnya.

4. Indikator lampu jauh

Simbol lampu tembak Foto: dok. Mentalfloss
Simbol lampu tembak Foto: dok. Mentalfloss

Indikator berwarna biru ini sama seperti di motor pada umumnya. Kalau indikatornya menyala, berarti posisi saklar lampu jauhnya sedang di posisi hidup.

5. Indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp)

Simbol check engine Foto: dok. Mentalfloss
Simbol check engine Foto: dok. Mentalfloss

Indikator ini salah satu informasi yang penting karena berkaitan dengan bagian mesin. "Ketika indikator MIL berkedip berarti menandakan ada kerusakan di bagian sensor injeksi," katanya.

6. Indikator temperatur suhu

Simbol temperatur mesin Foto: dok. Mentalfloss
Simbol temperatur mesin Foto: dok. Mentalfloss

Simbol termometer dan cairan berwarna merah ini adalah indikator untuk menunjukkan suhu pada mesin. Kalau indikator ini tidak menyala berarti suhu mesin Anda dalam kondisi aman.

"Kalau indikator suhu ini muncul berarti kondisi mesin over heat dan sistem pendingin yang ada di motor bermasalah.

7. Indikator Idling Stop System (ISS)

Pada motor keluaran terbaru Honda sudah dilengkapi dengan fitur ini. Tujuannya untuk efisiensi bahan bakar.

"Saat di lampu merah atau sedang tidak digas fitur ini akan mematikan mesin, lalu indikator berwarna hijau ini akan menyala. Tapi saat gasnya dibuka indikator ini akan mati dan mesin akan nyala kembali," jelasnya.

8. Indikator aki

Simbol aki Foto: dok. Mentalfloss
Simbol aki Foto: dok. Mentalfloss

Indikator bergambar aki berwarna merah ini juga penting, khususnya motor yang tidak ada kick starter-nya. Ketika indikator ini terus menyala berarti ada yang tidak normal pada bagian aki.

"Kalau ini nyala terus berarti bisa jadi akinya sudah lemah. Antara kondisinya yang lemah dan harus dicas atau bisa juga akinya soak. Baiknya dibawa ke bengkel dan lakukan pemeriksaan aki," ujarnya.

9. Indikator Sein

Indikator panah ke arah kanan dan kiri ini pasti ada di setiap kendaraan. Tetap jaga keselamatan bersama saat di jalan, jika ingin belok, nyalakan sein sesuai arah yang akan dituju.

Media files:
01hnqtaemscatz0xv9f0e1epy8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar