Search This Blog

Marsela Awi Sebut Coach Mochi Jadi Faktor Kemenangan Timnas Wanita

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Marsela Awi Sebut Coach Mochi Jadi Faktor Kemenangan Timnas Wanita
Jun 18th 2024, 12:00, by Antika Fahira, kumparanBOLANITA

Sesi latihan Timnas Wanita Indonesia di Al Ahli Stadium, Bahrain, jelang lawan Timnas Wanita Bahrain.  Foto: Dok. Timnas Indonesia
Sesi latihan Timnas Wanita Indonesia di Al Ahli Stadium, Bahrain, jelang lawan Timnas Wanita Bahrain. Foto: Dok. Timnas Indonesia

Marsela Awi, striker Timnas Wanita Indonesia, mengatakan bahwa faktor kemenangan timnya dalam tiga laga uji coba internasional yang digelar pada akhir Mei hingga awal Juni kemarin tak terlepas dari racikan emas sang pelatih, Satoru Mochizuki.

Timnas Wanita Indonesia berhasil menyapu bersih tiga pertandingan uji coba dengan kemenangan. Pada 28 Mei, Awi cs menang 5-1 atas Singapura pada laga yang digelar di Stadion Madya, Jakarta Pusat.

Satu pekan setelahnya, tepatnya pada 8 Juni, Garuda Pertiwi menang lagi. Melawat ke Al Ahli Stadium, Bahrain, Indonesia berhasil menaklukkan tim tuan rumah dengan skor 2-3.

Lalu pada 11 Juni, pasukan Satoru Mochizuki kembali memenangkan pertandingan atas Bahrain. Kali ini skornya lebih besar, yakni 3-0.

Menurut Awi, taktik dari pelatih asal Jepang itu dianggap mampu menyulap performa skuad Garuda Pertiwi jadi lebih baik.

"Pelatihnya, dia mengubah semua. Dia tidak kasih pemain yang inti semua, tidak. Jadi di babak pertama ada pemain lain, terus di babak kedua diganti lagi sama pemain lain," Awi kepada kumparanBOLANITA ketika disambangi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Menurut Awi, kebijakan ini memacu pemain untuk berusaha keras memperlihatkan kemampuan terbaiknya. Pemain juga lebih percaya diri karena mereka diberi kesempatan yang sama, tak membedakan "pemain inti" dan "pemain cadangan".

"Terutama dari pemain, sih. Karena pemain juga sudah siap, mentalnya juga seperti mental bertarung. Jadi kayak kemarin itu kita menang terus," ucap pemain asal Papua itu.

Claudia Scheunemann dkk merayakan gol pertama Indonesia dalam laga persahabatan Timnas Wanita Indonesia vs Bahrain di Al Ahli Stadium, Bahrain, Selasa (11/6/2024).  Foto: Dok. Timnas Indonesia.
Claudia Scheunemann dkk merayakan gol pertama Indonesia dalam laga persahabatan Timnas Wanita Indonesia vs Bahrain di Al Ahli Stadium, Bahrain, Selasa (11/6/2024). Foto: Dok. Timnas Indonesia.

Berkat kemenangan di laga perdana melawan Singapura, Timnas Wanita Indonesia berhasil naik peringkat, dari yang semula 109 menjadi 107. Sayangnya, pertandingan melawan Bahrain digelar di luar jadwal FIFA matchday, sehingga tak berpengaruh ke peringkat FIFA Indonesia.

Ini tentu menjadi kebahagiaan tersendiri buat para pemain Indonesia. Apalagi, sudah satu tahun lamanya timnas wanita senior tak memiliki agenda pertandingan, yang mengakibatkan peringkat mereka turun.

Kendati berhasil memenangkan serangkai uji coba, Awi mengatakan masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki dari penampilan ia dan timnya, terutama dari segi permainan. Ia berharap di pertandingan selanjutnya bisa mengurangi "hal-hal" tersebut.

"Mungkin dari segi permainan kita masih kurang tenang. Dari passing juga, atau susah build up dari belakang. Tapi mungkin karena persiapan juga, jadi paling kalau ada TC-TC (pemusatan latihan) lagi kita bisa lebih siap," ungkap Awi.

Media files:
01j03gzwr8cazhb4yn5mdtth7z.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar